Luapan Sungai Ingas, Rendam Pemukiman Warga Samberan Bojonegoro

Luapan Sungai Ingas, Rendam Pemukiman Warga Samberan Bojonegoro

Bojonegoro, Bhirawa
Banjir akibat luapan anak sungai Ingas di Dusun Samberan, Desa Samberan, Kecamatan Kanor menggenangi pemukiman warga di RT 1- 8 dengan ketinggian bervariasi, Senin (29/4).
Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia mengatakan, air merendam pemukiman yang sebagian besar bagian dapur dengan ketinggian 5 sampai 40 centineter.
“Sementara area sawah, banyak yang sudah panen jadi tidak terdampal,” ujarnya.
Dia mengatakan, BPBD melakukan verifikasi lapangan, untuk disiapkan bantuan bagi korban banjir berupa sembilan bahan pokok (sembako).
Sementara itu, siang ini pukul 12.00 Wib air sudah mulai surut dan aktivitas warga tidak terganggu. Hanya, jalan lingkungan yang terendam sampai siang ini meski tidak terlalu dalam.
“Kita juga mengevakuasi salah satu warga, Mbah Sumijah (80) warga Rt 1 Rw 8 untuk sementara dirumah kerabat karena rumahnya terendam air,” pungkasnya.
Sementara itu pantauan dilapangan yang dilakukan BPBD Bojonegoro pada Pukul 09.00 WIB di wilayah RT 7 dan 8 ketinggian air baik yang menggenangi jalan lingkungan, jalan desa, pekarangan dan pemukiman penduduk mulai surut.
Di wilayah RT 8 masih ada sekitar 4 KK yang rumahnya masih tergenang, salah satunya adalah Mbah Sumijah warga RT 08 RW 01 Dusun Samberan Desa Samberan . Perempuan berusia 80 tahun ini enggan diungsikan kerumah kerabatnya dengan alasan menjaga rumah peninggalan suaminya dan memilih tetap tinggal di dalam rumah yang terendam hingga selutut orang dewasa.
BPBD, Satpol PP, TNI dan Perangkat Desa butuh beberapa saat agar nenek Sumijah mau diungsikan di rumah salah satu kerabatnya. [bas]

Tags: