Lingkungan Masyarakat Harus Bersih Tanpa Lomba

Wawali Subri sosialisasi standarisasi sarana dan prasarana UKS/M.

Sosialisasikan Standarisasi Sarpras UKS/M
Probolinggo, Bhirawa
Kesehatan sekolah diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup sehat peserta didik, sehingga tumbuh kembang peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia berkualitas. Mempersiapkan anak didik tak lepas dari masalah kesehatan sejak dini.
Selain itu, meningkatkan pelayanan kesehatan dan lingkungan yang sehat harus terlaksana dengan baik dan kontinyu. Hal itu disampaikan Wawali Kota Probolinggo, Mochammad Soufis Subri ketika membuka sosialisasi standarisasi sarana dan prasarana Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Kota Probolinggo tahun 2019 di Sabha Bina Praja.
“Pelayanan kesehatan dan lingkungan sehat sangat penting, sehingga saya berharap sekolah menjadi agen dalam bidang kesehatan dan lingkungan tidak hanya di lingkungan sekolah saja tetapi juga se-Kota Probolinggo. Saya juga tak mau ribut kalau ada perlombaan UKS, saya disuruh mengecek sekolah, kamar mandi dan lainnya. Tapi bagaimana implementasinya sehari-hari? Kalau diterapkan secara betul itu luar biasa, ” terang Wawali Subri, Selasa (15/10) kemarin.
Tak sekadar lomba, tapi betul-betul terimplementasi di masyarakat dan tidak bertolak belakang dengan kondisi yang sebenarnya. ”Mau menang tapi masih ada yang tidak bersih, tidak sehat. Ini jelas tidak sesuai,” tegas Subri.
Pengelolaan UKS membutuhkan komitmen bersama antara sekolah dan jajaran serta Tim Pemantau UKS. Tiga hal yang harus diperhatikan adalah SDM yang memahami UKS, sarana prasarana yang sudah sesuai standar sehingga UKS terlaksana dengan baik. Dan, yang terakhir adalah kontinyuitas sehingga tidak perlu heboh saat ada penjurian.
“Betapa kecilnya value yang kita dapat jika hanya memperbaiki layanan UKS pada saat penjurian, dibanding value yang sebenarnya, jika dilaksanakan dengan baik dan berkelanjutan. Kita harus memahami kebutuhan adanya UKS, kegiatan yang sangat bermanfaat karena disitulah kita menitipkan anak – anak memahami tentang lingkungann dan kesehatan,” pesan Wawali.
Sosialisasi gelaran Bagian Kesra Setda Kota Probolinggo ini diikuti guru pembimbing UKS/M se-Kota Probolinggo, serta tim dari kecamatan. Dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat.
“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada guru pembina UKS/M tentang standarisasi UKS/M yang harus ada di sekolah-sekolah. Karena memang di setiap sekolah harus punya UKS/M dengan beberapa tahapan seperti minimal, standar, optimal dan paripurna,” kata Kasubag Kesejahteraan Sosial pada Bagian Kesra, Ismil Farida.
Selain itu, untuk memastikan kebersihan lingkungan di tempat ibadah kami meninjau sejumlah tempat ibadah dan perkantoran. Setiap tempat ibadah punya biopori yang bermanfaat untuk kebersihan lingkungan,
Wawali Subri menekankan, kunjungan ke sejumlah tempat itu bukan hanya untuk menghadapi event tertentu. Tapi sengaja melihat lingkungan, apakah sesuai dengan gelar yang didapat yaitu Adipura.
Beberapa tempat sudah melakukan upaya seperti yang diimbau DLH yaitu membuat biopori dan komposting. Menurut wawali, tempat ibadah bukan hanya sekadar tempat menjalankan ibadah wajib bagi agama tertentu. Namun juga harus bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, baik itu sisi kebersihan dan kesehatan serta secara ekonomi.
“Saya melihat banyak yang sudah punya biopori, dan kami apresiasi. Sedangkan yang belum nanti kita lakukan bioporisasi secara bersama-sama, bisa saat Hari Jumat pagi (hari kerja bakti bagi Pemkot),” jelas Subri.
Biopori, lanjut wawali, bermanfaat untuk percepatan penyerapan air dan komposting. ”Pada prinsipnya, secara overall, semua tempat bisa mempunyai biopori,” paparnya.
Selain ke tempat ibadah, Wawali Subri juga meninjau Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo, Pelabuhan Tanjung Tembaga, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan dan ekowisata Bee Jay Bakau Resort (BJBR). ”Kami disini meninjau sarana dan prasana apa yang saya yang mendukung kebersihan dan pengelolaan lingkungan,” tambah Subri. [wap]

Tags: