Lima Langkah Mudah untuk Hemat Air dan Pengeluaran Bulanan

Surabaya, Bhirawa
Kalau setiap bulan Anda selalu kepayahan membayar berbagai macam tagihan, berarti Anda harus melakukan sesuatu. Entah itu menambah pemasukan, atau menghemat pengeluaran. Namun, menambah penghasilan tidaklah semudah yang dibayangkan. Kalau kesempatan belum terbuka, ya Anda harus sabar menunggu. Berhemat jadi cara yang paling sederhana dan praktis.
Mari mulai dengan hemat air. Bijak dalam menggunakan air tak hanya baik untuk alam, tetapi juga untuk keuangan Anda. Dengan beberapa langkah mudah saja, Anda bisa berhemat secara efektif. Apa saja langkah-langkah tersebut? Yuk simak bersama.
1. Tutup keran dengan baik.
Setelah mencuci piring atau menyiram tanaman, mungkin Anda sering menutup keran sembarangan. Akibatnya, air terus menetes keluar. Anda tahu, tetapi membiarkannya. Dalam hati: ah, kan cuma sedikit. Tidak apa-apa. Hentikan kebiasaan ini. Tutup keren dengan baik setelah selesai digunakan. Soalnya, meski hanya sedikit, toh Anda tetap membayar untuk itu. Ini merupakan pengeluaran yang tidak perlu. Kebiasaan yang sangat mudah dihentikan.
2. Jangan mandi terlalu lama.
Mandi terlalu lama juga bisa membuat tagihan air PDAM membengkak. Kalau Anda punya kebiasaan ini, coba hentikan mulai sekarang. Bijaklah dalam menggunakan air. Ketika menggunakan sabun atau sampo, jangan biarkan air terus mengalir dari shower. Kalau Anda pakai bathtub, jangan menampung secara berlebihan. Ini merupakan kebiasaan mudah yang bisa sangat berdampak terhadap pengeluaran bulanan Anda.
3. Cuci kendaraan dengan air secukupnya.
Ini senada dengan tips sebelumnya. Namun, langkah ini sengaja dipisah karena banyak sekali orang yang masih mubazir ketika mencuci kendaraan. Saat menyabuni motor atau mobil, masih banyak orang yang membiarkan air terus berjalan. Deras pula. Alasannya jelas: malas tutup keran.
Selain itu, Anda juga bisa efisien dalam mencuci kendaraan. Kalau tidak terlalu penting, dan hanya kotor sedikit, rasanya tidak perlu dicuci. Bijak dalam menggunakan air ini bisa menghemat pengeluaran Anda.
4. Gunakan keran hemat air.
Selain mematikan keran, Anda juga bisa mulai menggunakan keran hemat air. Keran model ini sudah banyak di pasaran. Anda bisa membelinya di mana-mana. Umumnya, keran hemat air ini memiliki mulut berbentuk bunga yang akan membuat air yang keluar lebih efektif dan lebih deras. Keran ini dapat menghemat 30-50% penggunaan air.
5. Tampung air hujan.
Anda juga bisa mulai memanfaatkan musim hujan dengan membuat penampungan air. Penampungan air ini bisa kamu gunakan dalam keadaan darurat. Misalnya ketika air PDAM mampet. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyirami kebun. Tanaman lebih menyukai air yang alami lho. Namun, jangan lupa untuk selalu menutup tempat penampungan air ini. Anda tentu tidak mau bak penampungan ini jadi tempat nyamuk berkembang biak. Jangan karena berhemat, Anda melalaikan aspek kesehatan dan keselamatan Anda dan keluarga.
Nah, itulah beberapa langkah mudah untuk menghemat air. Kebiasaan baik ini akan sangat berdampak terhadap tagihan PDAM Anda di akhir bulan. Buktikan saja. Praktikkan semua langkah ini dan lihat perbedaannya. Kalau sudah tahu berapa penghematan yang Anda lakukan, Anda bisa membayar tagihan air via Traveloka.
Melalui menu Tagihan & Isi Ulang, Anda bisa mengecek dan membayar tagihan PDAM bulanan Anda. Cek tagihan PDAM kamu disini dan rasakan mudahnya bayar tagihan via Traveloka. @

Tags: