Lebaran, Dinkes Kabupaten Trenggalek Siapkan Empat Posko Medis

Sugito Teguh

Trenggalek, Bhirawa
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Trenggalek mendirikan 4 posko secara bersama – sama untuk membantu pemudik sebagai pelayanan medis di Kabupaten Trenggalek.
“Kami juga menyediakan ambulan beserta tenaga medis yang siaga di posko tersebut selama 24 jam,” kata ,Kepala dinas kesehatan, dan pengendalian penduduk keluarga berencana Kabupaten Trenggalek Sugito Teguh saat di ruang kerja.
Dari keempat Posko bersama Ketupat Lebaran Trenggalek 2019 tersebut diantaranya di simpang 3 widowati ( Pos PSC 119), Terminal Bus Trenggalek, Simpang 4 Durenan dan Watulimo (bekas Pos Polisi Pariwisata Tasikmadu).
Lanjut sugito mengatakan ,sebagai penunjang para pemudik “Posko Ketupat Lebaran” guna melaksanakan tugas melayani masyarakat, dan untuk mewujudkan rasa aman di jalan raya.
“Posko lebaran disitu ada petugas terpadu dari kesehatan bersama sama di posko dengan anggota keamanan guna melayani masyarakat, dari kami akan terjunkan 2 tenaga kesehatan dan 1 sopir di setiap shift,”
Selain itu Sugito mengatakan pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di setiap Puskesmas di Kabupaten Trenggalek tetap berjalan 24 jam dan dijamin tidak terkendala selama Lebaran, hanya aja dari 22 puskesmas 3 diantaranya yang belum adanya rawat inap.
“Khusus yang non rawat inap mereka pada libur lebaran tetap buka tetapi yang buka hanya UGD saja mulai pagi sampai jam 2 siang, “ungkapnya
Kemudian dari 19 puskesmas sudah melayani rawat inap yang automatis 24 jam tetap buka untuk melayani masyarakat yang membutuhkan,
Merujuk dari aturan memang sesuai dengan aturan dari pegawai negeri kalau hari libur ya libur, akan tetapi untuk menjalankan pelayanan serta melaksanakan tugas, sistem jaga dilakukan dengan sistem shift.
“Akan tetapi untuk menjalankan pelayanan mereka membuat jadwal jaga namanya dengan sistem shift pada saat temannya libur ada team yang berjaga, mulai pagi siang sampai malam, dari 24 jam dibagi 3 shift” terangnya. (wek)

Tags: