Lakukan Kunjungan Kerja Perdana

Drs KH Salwa Arifin

Drs KH Salwa Arifin
Pasca dilantik menjadi Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin langsung bergerak cepat melakukan perbaikan-perbaikan di kabupaten tersebut. Salah satunya dengan melakukan kunjungan kerja perdana dengan memberikan pembinaan alokasi dana desa dan dana desa (ADD dan DD) di wilayah Sukosari, Ijen, Tlogosari, Pujer, dan Sumber Wringin, di Pendapa Kecamatan Sukosari, Kamis (25/10).
Dalam kunjungan kerja perdana Salwa Arifin ini, ia meminta seluruh kepala desa, agar mengelola keuangan dengan menggunakan asas transparansi. “Misalnya bisa memberikan pemberitahuan kepada masyarakat melalui baliho, ataupun papan pengumuman, sehingga masyarakat tahu anggaran yang besar itu digunakan untuk apa saja,” katanya.
Hal ini mengingat, sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, walaupun sebenarnya telah dikerjakan sesuai aturan, seringkali timbul kecurigaan Karena tidak adanya pemberitahuan. Salwa juga memaparkan, bahwa komposisi belanja APBDes, yaitu 70 persen, dialokasikan untuk penyelengaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, serta pemberdayaan masyarakat.
Sedangkan sisanya, lanjut dia, yakni 30 peraen, digunakan untuk penghasilan tetap, tunjangan Kades dan perangkat desa. “Jangan dibalik, nanti 70 persen untuk tunjangan Kades. Ini bisa-bisa habis, tidak bisa membangun, jika hanya 30 persen,” imbaunya kemudian disambut tepuk tangan hadirin.
Di depan puluhan kades yang hadir, Salwa juga memegaskan, bahwa dalam pelaksanaan pembangunan di desa, harus swakelola. “Bukan kontraktual, ini aturan yang harus dilaksanakan, program-program di desa sesuai dengan aturan ini, yaitu diswakelola oleh masyarakat,” terang Salwa.
Dia juga menegaskan, akan memberikan sangsi sesuai dengan aturan, jika masih ditemukan Kades yang tidak melaksanakan pengelolaan DD/ADD, sesuai aturan yang berlaku. Salah satunya, mengkontraktualkan pembangunan di desa.
Maka dari itu, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, mewanti-wanti kepala desa, agar dalam pengelolaan keuangan, baik Alokasi Dana Desa atau Dana Desa, menggunakan asas transparansi. Hadir mendampingi Bupati KH Salwa Arifin tampak Plt Sekda Karna Suswandi, beberapa pimpinan OPD dan disambut para camat dan Kades Setempat. [har]

Rate this article!
Tags: