KRI Dewaruci Latihan Peran Tempur di Tengah Laut

Surabaya, Bhirawa
Sang Legendaris KRI Dewaruci laksanakan Latihan Peran Tempur sebagai upaya menguji kesiapsiagaan prajurit KRI Dewaruci sebelum melaksanakan tugas operasi.
Kegiatan ini dilaksanakan di Laut Jawa dan Selat Makassar, sebagai bagian dari rute pelayaran KRI Dewaruci menuju Manado dalam rangka mendukung Manado Fiesta.
Dalam kegiatan tersebut tim uji dari Komando Latihan Koarmada II ikut berlayar di KRI Dewaruci. Sementara beberapa peran yang diuji antara lain, Peran Pemanduan, Peran Kemudi Darurat, Peran Jangkar, Peran Kebakaran dan Peran Kebocoran.
Peran Layar sebagai salah satu peran utama di kapal layar juga turut didemonstrasikan oleh prajurit KRI Dewaruci ketika berada di perairan Selat Makassar.
Selesai melaksanakan uji Latihan Peran Tempur, KRI Dewaruci melanjutkan pelayaran ke Teluk Manado melalui Laut Sulawesi. KRI Dewaruci bertolak dari dermaga Madura Ujung Surabaya untuk melaksanakan pelayaran menuju Manado dalam rangka memeriahkan Festival Manado Fiesta tahun 2019.
Manado Fiesta merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Manado, dalam rangka mempromosikan Manado sebagai destinasi wisata menarik dan berkualitas.
“Pada tahun 2019, Pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan TNI AL dengan mengundang beberapa kapal perang untuk turut memeriahkan kegiatan Manado Fiesta ini, termasuk didalamnya adalah KRI Dewaruci,” terang Komandan KRI Dewaruci Mayor Laut (P) Hastaria D.P.
Demi kelancaran kegiatan sebelum berlayar, Komandan beserta seluruh prajurit melaksanakan tradisi tumpengan dan doa bersama, yang dilaksanakan di geladak KRI Dewaruci. Tradisi ini sebagai wujud rasa syukur dan harapan agar pelayaran berjalan dengan baik, aman dan lancar. [bed]

Tags: