KPU Kota Batu Pastikan Kebutuhan Logistik Pemilu Aman

Ketua KPU Kota Batu, Syaifudin Zuhri (baju batik) saat menerima pengiriman logistik surat suara dari pihak percetakan

Kota Batu,Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu memastikan kebutuhan logistik Pemilu di Kota Batu telah aman. Hal ini seiring dengan diterimanya kiriman logistik surat suara tahap akhir pada Jumat (15/3) siang. Kiriman kali ini berisi 2 jenis surat suara, yakni Pemilihan Presiden dan Pemilihan DPD.
Pengiriman surat suara tadi diangkut menggunakan truk kontainer khusus dengan pengawalan ketat pihak Kepolisian. Kedatangan logistik pemilu ini merupakan tahap akhir setelah sebelumnya KPU Batu telah menerima beberapa kali kiriman. “Dan untuk kiriman surat suara kali ini berjumlah total 395.846 surat suara,” ungkap Syaifudin Zuhri, Ketua KPU Kota Batu, Jumat (15/3).
Adapun dalam jumlah tersebut, kata Syaifudin, surat suara untuk Pemilihan DPD ada 316 box dengan isi total 157.923 surat suara. Kemudian untuk Pemilihan Presiden ada 79 box dengan isi total 157.923 surat suara.
Namun Syaifudin menyatakan dengan kedatangan surat suara tahap akhir ini masih menyisakan kekurangan surat suara. Dari kebutuhan penyelanggaraan Pemilu yang berjumlah 158.299 surat suara masih terdapat kekurangan sebanyak 376 surat suara.
“Jumlah kekurangan ini masih akan ditambah dengan temuan surat suara rusak dalam proses penyortiran tahap akhir ini,”tambah Syaifudin. Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan segera menyortir dan melakukan pelipatan surat suara. Hal ini untuk mempersiapkan surat suara tersebut di masing-masing TPS, sekaligus untuk mengetahui jumlah surat suara rusak.(nas)

Tags: