KPK Kembali Periksa Pejabat ASN Pemkab Malang

Pejabat ASN dan mantan pejabat Pemkab Malang yang memenuhi panggilan pemeriksaan KPK di Gedung Rupatama Polres Kota Malang. [cahyono]

Dugaan Suap dan Gratifikasi Aliran DAK Pendidikan 2011
Kab Malang, Bhirawa
Sembilan orang pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mantan pejabat ASN diperiksa Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap dan gratifikasi aliran DAK Pendidikan Tahun 2011. Mereka diperiksa di Gedung Rupatama Polres Kota Malang, pada Senin (26/11) siang.
Pemeriksaan yang dilakukan KPK tersebut, lanjutan dari pemeriksaan sebelumnya, yakni pada bulan Oktober 2018. Sedangkan dari pemeriksaan pejabat Pemkab Malang dan kontraktor, sebelumnya sebanyak 52 orang, yang terdiri dari pejabat ASN Pemkab Malang dan kontraktor atau swasta.
Kepala BPKAD Kabupaten Malang Willem Petrus Salamena, saat berada di Gedung Rupatama Polres Kota Malang memebenarkan, jika dirinya kembali diperika oleh Tim Penyidik KPK. Sedangkan dalam pemeriksaan itu, ia mengaku telah dimintai keterangan terkait alur pencarian DAK Pendidikan Tahun 2011.
“Tadi saya ditanyai penyidik KPK tentang seputar kronologi pencarian dana DAK tersebut. Dan saya juga ditanyai tentang keterlibatan saya dengan pihak ketiga, termasuk Bupati Malang Non Aktif Rendra Kresna,” paparnya.
Kasus adanya dugaan suap dan gratifikasi pada DAK Pendidikan Tahun 2011, KPK sudah menetapan tiga orang tersangka, yakni Bupati Malang Non Aktif Rendra Kresna, Ali Murtopo dan Eric Armando Talla selaku rekanan atau pihak swasta. Sehingga ketiga tersangka tersebut kini sudah dilakukan penahanan oleh KPK.
Seperti diketahui, dari hasil pemeriksaan oleh Tim Penyidik KPK yang sebelumnya, KPK juga menetapkan Bupati Malang Non Aktif H Rendra Kresna menjadi tersangka dan saa ini ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan.
Pemeriksaan yang dilakukan kepada pejabat Pemkab Malang itu, terkait dugaan kasus suap dan gratifikasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Tahun 2011, Sebesar Rp 7 miliar, yang hal itu menyeret Bupati Malang Non Aktif Rendra Kresna dijadikan tersangka oleh KPK.
Sembilan nama pejabat ASN Pemkab Malang yang diperiksa KPK kali ini, yakni Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Willem Petrus Salamena, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha Sekretariat Daerah (Setda) Henry MB Tanjung, Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Pudianto, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan APTIKA Dinas Kominikasi dan Informatika (Diskominfo) Tri Darmawan Sambodo, Pengawas Sekolah Luar Biasa Dindik Kabupaten Malang Sudarjo, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Ricky Meinardhy, Mantan Kepala Dindik Kabupaten Malang Suwandi, Mantan Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan Tahun 2009-2013, sekaligus sebagai Ketua Panitia Lelang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Tahun 2011-2012 Khusnul Farid. [cyn]

Tags: