Korpri Situbondo Meriahkan Puncak Peringatan HUT ke-47

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto SH saat memberikan piagam penghargan kepada Kepala Dinas Perikanan Situbondo H Eko Prayudi sebagai ASN berprestasi tahun 2018. [sawawi]

Beri Penghargaan ASN Berprestasi dan Menyantuni Anak Yatim Piatu
Kab Situbondo, Bhirawa
Pagi itu, Kamis (29/11), Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) secara serentak mengadakan puncak peringatan yang ke 47 tahun. Guna untuk ikut memeriahkan kegiatan tersebut, Korpri tiap daerah se-Indonesia mengadakan kegiatan berbeda-beda. Di Kabupaten Situbondo misalnya, pengurus Korpri mengadakan serangkaian acara pada HUT ke-47. Yakni mengadakan tabur bunga dan upacara di alun-alun Kota Situbondo. Yang istimewa, Korpri Situbondo memberikan penghargaan kepada ASN berprestasi dan menyantuni anak yatim piatu yang ada di Situbondo.
Sekitar pukul 06.00 wib Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wakil Bupati Yoyok Mulyadi Sekda Syaifullah bersama pimpinan OPD yang ada di lingkungan Pemkab Situbondo kompak berpakaian khas Korpri. Para pejabat teras Pemkab Situbondo itu menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) yang beralamat di Jalan Pemuda, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Situbondo. Disana para pelayan masyarakat itu mengadakan tabur bunga sebagai penghormatan kepada para pahlawan Situbondo.
Sesaat kemudian, rombongan pejabat Pemkab Situbondo menuju lapangan alun-alun Kota yang ada di Jalan Kartini Nomor 1 Situbondo. sesuai dengan acara protokol, Bupati Situbondo menjadi inspektur upacara HUT Korpri ke 47. Disela sela upacara, Bupati Dadang mendapatkan jadwal untuk menyerahkan piagam penghargan kepada sejumlah ASN berprestasi. Disana ada salah satu eselon II yang mendapatkan penghargaan terhormat dari Korpri yakni Ir H Eko Prayudi, yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo. Eko menerima penghargaan ASN berprestasi yang diserahkan Bupati Dadang Wigiarto.
Dalam amanatnya Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto, SH yang menjadi inspektur upacara HUT Korpri ke-47, membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. Kata Bupati Dadang, tema peringatan hari ulang tahun KORPRI ke-47 yakni “Korpri melayani, bekerja, dan menyatukan bangsa”. Dari tema ini, ucap Bupati Dadang, Presiden RI Joko Widodo sangat mengapresiasi tema tersebut karena sesuai dengan momentum pemilihan umum presiden dan legislatif yang akan digelar April 2019 mendatang. “Jadikan momen itu sebagai bukti netralitas dan profesionalisme saudara-saudara dalam menerapkan Panca Prasetya Korpri,” ujar Bupati Dadang menirukan teks Presiden RI.
Masih kata Bupati Dadang, dirinya meminta kepada ASN untuk terus mengabdi kepada masyarakat, negara dan bangsa dan bukan mengabdi kepada kepentingan kelompok maupun individu tertentu. Selain itu, sambung Bupati Dadang, anggota Korpri diminta untuk lebih disiplin, bertanggung jawab dan berorientasi kerja.
Bupati Dadang juga meminta Korpri untuk meninggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyai, mental penguasa dan mental koruptif. “Sikap itu hanya terpaku pada formalitas belaka. Tetapi yang saya pinta teruslah Korpri melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik semakin baik, cepat dan efektif,” beber bupati dua periode itu.
Kedepan Korpri, lanjut Bupati Dadang, akan segera menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, kupas Bupati Dadang, bentuk baru tersebut akan membuat pemerintahan berfungsi untuk pembinaan dan pengembangan profesi bagi ASN serta akan memberikan perlindungan hukum dan advokasi. Terakhir, akan menmberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan standar profesi serta kesejahteraan anggota Korpri. “Mari kita semua ikuti perintah dan harapan dari Presiden Jokowi ini,” ajak Bupati Dadang.
Disisi lain, Wabup Situbondo, Yoyok Mulyadi mendapatkan mandat untuk menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu yang ada di Situbondo. Langkah sosial yang dilakukan oleh Korpri Situbondo ini, papar Wabup Yoyok, sangat sesuai dengan komitmen Korpri untuk saling membantu kepada yang membutuhkan. Wabup Yoyok sangat mengapresiasi program Korpri dalam HUT ke 47 ini yang juga memikirkan para anak yatim piatu di Situbondo. “Menyantuni anak yatim ini merupakan kewajiban kita semua,” ujarnya.
Sebelumnya Ketua Korpri Kabupaten Situbondo Drs H Syaifullah MM juga memimpin kegiatan sosial dengan melakukan penyembelihan hewan kurban yang diambilkan dari dana anggota Korpri yang ada di Sekretariat Daerah Situbondo. Tahun ini, tutur Syaifullah, Korpri Situbondo berhasil menyembelih hewan kurban sebanyak 13 sapi dan 38 kambing.
Jumlah hewan tersebut setelah dipotong, lanjut Syaifullah, akan dibagikan kepada masyarakat tak mampu yang ada disekitar kantor Pemkab Situbondo. “Para kaum duafa, fakir miskin dan masyarakat lain yang berhak menerima diberi paket daging kurban,” tegas mantan Kepala Bapeda Kabupaten Situbondo itu.
Kegiatan penyembelihan hewan kurban, lanjut Syaifullah, selain untuk mengajak Korpri untuk gemar berinfak dan beramal kepada masyarakat juga untuk membiasakan diri berbagi rasa kepada sesama yang ada di Kabupaten Situbondo pada saat perayaan idul adha beberapa bulan lalu. Ada dua hikmah utama yang bisa diambil dari kegiatan rutin berkurban setiap setahun sekali.
Pertama, kata Syaifullah, dengan rajin berkurban setiap ummat atau manusia akan terbiasa peduli dan makna kedua, katanya, setiap ummat atau ASN akan memiliki solidaritas sosial yang tinggi selama menjadi abdi negara dan pelayan masyarakat. “Dengan rutin berkurban ini, kita (Korpri) akan memiliki jiwa kebersamaan yang kuat dan luas,” jelasnya. [sawawi]

Tags: