Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan Mulai Sortir Surat Suara

Surat suara tahap kedua segera di lakukan penyortiran oleh KPU Lamongan.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,bhirawa
Tinggal menghitung hari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan disibukkan dengan persiapan logistiknya.Namun KPU belum menyortir surat suara Pilpres , DPD dan Pileg DPRD Lamongan.
Padahal, surat suara untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden serta surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan dipakai dalam Pemilu yang akan digelar April sudah tiba sepekan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan.
“Belum mas masih besok( Hari ini ,red) kita lakukan penyortiran”Kata Puput salah satu pegawai KPU Lamongan,Senin(4/3)
Terpisah Ketua KPU Lamongan Imam Ghazali memastikan, jika proses tersebut selesai selanjutnya akan langsung kita distibusikan ke Pantia Pemilu Kecamatan (PPK) yang berada di seluruh kecamatan di Lamongan” kata Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali.
Ghozali membenarkan jika surat suara sudah sepekan kedatanganya.”Sebenarnya kedua jenis surat suara tersebut telah tiba di Lamongan pada Selasa kemarin. Masing-masing surat suara tersebut sebanyak 1.077.636.Surat suara tersebut kini kita simpan di dua tempat terpisah. Surat suara untuk DPD RI di gudang Jalan Raya Pasar Ikan dan untuk surat suara Presiden Wakil Presiden dan DPRD Kabupaten kita letakkan di Kantor KPU,” ujarnya.
Adanya distribusi suarat suara tahap dua itu, maka KPU Lamongan sudah menerima semua surat suara untuk Pemilu 2019.
Sebelumnya KPU Lamongan juga menerima surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur. Kedua jenis surat suara tersebut sudah dilakukan sortir dan pelipatan.
“Diantara hasil sortir tersebut terdapat sebanyak sekitar 525 surat suara DPRD RI yang rusak” terang Ghozali.
Surat suara rusak yang diketahui saat proses penyortiran dan pelipatan itu akan dilakukan kordinasi dengan KPU Jawa Timur untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut.
“Setelah proses penyortiran dan pelipatan surat suara selesai, KPU Lamongan akan menghitung seluruh jumlah surat suararusak, untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan KPU provinsi untuk mengganti surat suara rusak tersebut” kata Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali.
Di jelaskan juga hal teknis lainya , jika KPU Lamongan masih membutuhkan 31.500 orang sebagai anggota KPPS dan 9000 petugas ketertiba TPS.
Total secara keseluruhan TPS dikabupaten Lamongan sebanyak 4500 dari 474 desa dan kelurahan.
Pengumuman pendaftaran sudah mulai dibuka di kantor Sekretariat PPS desa/kelurahan sejak tanggal 28 februari sampai 5 maret.
Untuk penyerahan berkas administrasi dan pendaftaran sejak tanggal 6 maret hingga 12 maret 2019.
“Pendaftaran ini terbuka untuk umum yg memenuhi persyaratan serta mengacu pada SK KPU RI Nomor 532 tahun 2019. Untuk masa kerjanya sejak 10 April hingga 9 Mei 2019. Batas minimal umur pendaftar adalah 17 tahun, tentunya ini memberikan peluang kepada masyarakat umum di kabupaten Lamongan.Kami berharap masyarakat antusias karena bisa menjadi bagian sejarah penyelenggara pemilu di TPS dalam pemilu serentak 2019 ini” Tutur nya. [Mb9]

Tags: