Ketua PCNU Kabupaten Malang Daftar Bacabup Melalui Partai Nasdem

Ketua DPD Partai Nasdem Kab Malang Choirul Anam (berkemeja hitam) saat menerima pendaftaran dr Umar Usman sebagai Bacabup Malang di Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten Malang, Desa Sukoharjo, Kec Kepanjen, kabupaten setempat.

Kabupaten Malang, Bhirawa
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang dr Umar Usman, yang kini menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang, telah mendaftarkan diri untuk maju di Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang 2020. Sedangkan dia mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang, periode 2019-2024, melalui Partai Nasdem.
Sedangkan dia mendaftar sebagai Bacabup Malang tersebut di hari terkahir penutupan pendaftaran Bacabup dan Bakal Calon Wakil Bupati Malang (Bacawabup) Malang, di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem, Desa Sukoharjo, Kecamatan Kepanjen, Kebupaten Malang, pada Rabu (23/10) malam. Sebelumnya, dr Umar Usman tersebut juga sudah mendaftarkan diri sebagai Bacawabup Malang melalui PDIP.
Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Malang Choirul Anam, Kamis (24/10), kepada wartawan membenarkan, jika dr Umar Usman telah mendaftarkan sebagai Bacabup Malang melalui Partai Nasdem, pada Rabu (23/10) malam. Sedangkan latar belakang profesi dia, yakni seorang dokter, dan kini sebagai Direktur RSUD Kota Malang, dan selain itu juga sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang. Sedangkan pihaknya sudah menerima pendaftaran Bacabup sebanyak lima orang, yakni Jufri Muhammad Adi, Muhammad Gengh Wahyudi, Ahmad Faiz Wildan, Muhammad Fajar, dan dr Umar Usman.
Dia menjelaskan, saat ini Partai Nasdem memang hanya mendapatkan 7 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sehingga untuk bisa mengusung sendiri Calon Bupati (Cabup) Malang dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang, periode 2019-2020, tentunya harus berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain. “Kami sudah menyampaikan kepada lima orang pendaftar Bacabup Malang, jika untuk bisa mengusung pasangan Cabup-Cawabup Malang, Partai Nasdem harus melakukan koalisi dengan parpol lain,” tegasnya.
Menurut Anam, peluang yang bisa kita ajak koalisi yaitu PPP dan Partai Demokrat. Karena PPP memiliki 2 kursi di DPRD Kabupaten Malang, dan untuk Partai Demokrat 1 kursi. Sehingga jika nanti kedua parpol tersebut berkoalisasi dengan Partai Nasdem, maka memiliki 10 kursi. Sehingga Partai Nasdem bisa mengusung pasangan Cabup dan Bacabup Malang, di Pilbup Malang 2020 mendatang.
“Namun, koalisi yang akan kita bangun dengan parpol lain, selain PPP dan Partai Demokrat, hal ini bisa saja Partai Nasdem berkoaliasi dengan Partai Gerindra, dan bahkan juga dengan PKB. Karena kemungkinan-kemungkinan itu bisa terjadi, sehingga peluang itu sangat dinamis,” tutur dia.
Dikesempatan itu, Anam juga menegaskan, jika seluruh proses penjaringan dan pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya hingga turunnya rekomendasi dari Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh. Bahkan, hal yang terkecil pun seperti materi juga kita gratiskan. Karena Partai Nasdem ingin mencari kader-kader terbaik untuk memimpin negeri ini. [cyn]

Tags: