Kenalkan Ciri Khas Batik Bondowoso di Pekan Batik 2019

Bupati Salwa foto bersama pakai batik khas Bondowoso di GOR Pelita. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Batik merupakan budaya bagi Bondowoso, karena setiap hari masyarakat selalu menggunakan batik, baik diacara formal maupun non formal dan juga para pembatik Bondowoso yang selalu menghasilkan batik dengan kualitas yang baik. Hal ini seperti yang disampaikan Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat menghadiri Pekan Batik Bondowoso 2019 di GOR Pelita, Senin (22/10) malam.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, bertujuan untuk mengenalkan batik khas Bumi Ki Ronggo. “Karena batik Bondowoso mempunyai ciri khas yang unik. Mulai motif Daun Singkong, Tembakau, Biji Kopi dan motif lainnya,” jelas Bupati Salwa.
Bupati Salwa berharap, agar batik Bondowoso tidak hanya dikenal oleh daerah saja, melainkan di kenal secara internasional. “Melalui pekan batik ini kita harus mampu mengenalkan semua batik Bondowoso di kancah internasional,” harapnya.
Sementara menurut kepala Diskoperindag Bondowoso, Sigit Purnomo mengatakan bahwa Pekan Batik Bondowoso 2019, merupakan panggung bagi para pengrajin batik. “Ini merupakan event untuk para pengrajin batik dan pecinta batik agar bisa berekpresi,agar para pengrajin bisa meningkatkan produktifitas dan kreatifitas bagi para pemuda-pemudi Bondowoso pecinta batik,” jelasnya.
Pekan Batik Bondowoso tersebut digelar mulai tanggal 21 sampai 25 Oktober, dengan beberapa acara. Diantaranya pemilihan duta batik 2019,Talkshow bersama pengrajin batik, Fashion show,nyolet dan nyanting bareng siswa TK dan SD, lomba desain batik siswa SMP dan SMA, dan grand final duta batik 2019.[mb11]

Tags: