Kenali Hewan Langka di Hari Pinguin Internasional

Suasana peringatan Hari Pinguin Internasional di Eco Green Ark Kota Batu, Kamis (25/4)

Kota Batu, Bhirawa
Hari Pinguin Internasional yang jatuh pada 25 April kemarin dimanfaatkan para siswa jenjang SD untuk memperkaya wawasan tentang satwa langka tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah Eco Green Park (EGP) Kota Batu, kemarin (25/4).
Salah satu kegiatan yang dilakukan para siswa adalah memberi makan bersama 11 ekor pinguin. Para pelajar diajak untuk ikut menyelamatkan pinguin dengan cara Menyelamatkan bumi. “Maksudnya, para pelajar ini diajak berpartisipasi menyelamatkan pinguin dengan cara memelihara bumi,” ujar penjaga pinguin, Eka Bagus Pratama, Kamis (25/4).
Ia menjelaskan penguin yang ada di Eco Green Park ini adalah jenis Humboldt dari Amerika. Saat ini di Eco Green Park ada 11 ekor penguin, 6 betina dan 5 pejantan. Hewan-hewan suhu dingin tersebut memasuki usia dewasa, dan sebentar lagi akan memasuki musim berkembang biak atau musim kawin.
Tentu saja kesempatan memberikan makan kepada hewan langka ini menjagi momen spesial bagi para pelajar. Rasa bahagia juga terpancar dari para pengunjung yang beruntung karena bisa memberikan makan secara langsung kepada para pinguin.
Sebenarnya tidak mudah berdekatan dan memberi makan para pinguinkarena harus mengikuti beberapa permainan. Bagi yang lolos bermain permainan yang diajukan oleh keeper penguin, barulah mereka bisa berkesempatan memberi makan para penguin.
Para pelajar ini mengiming-imingi para pinguin dengan ikan yang dipegang mendekati kepala penguin. Hingga berkumpul, pengunjung mencoba lebih dekat dengan memegang pinguin. Setelah puas, baru ikan diberikan.
Rasa senang usai memberikan makan dirasakan Arya Ar Ridho, siswa SD IT Al Rahbini Malang. Dia sangat terkesan bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang sebelumnya hanya bisa dilihat di televisi. “Senang sekali bisa dekat dan memberikan makan secara langsung kepada penguin. Tentunya berkesan karena tidak semua teman bisa seperti saya,” kata Arya. [nas]

Tags: