Kemenko PMK Nilai Penanganan Bencana Kota Batu yang Terbaik

Instansi dan masyarakat Kota Batu sangat kompak dalam bergotong-royong menangani warga terdampak bencana

Kota Batu, Bhirawa
Wilayah terdampak bencana yang terjadi di Kota Batu dengan cepat kembali menjadi normal. Hal ini menjadi indikasi penilaian Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang menyebut penanganan bencana di Kota Batu sebagai penanganan terbaik.
Hal ini dikemukakan Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Dody Usogo HGS usai menggelar rapat koordinasi penanganan bencana di ruang rapat Wali Kota Batu, Senin (28/10).
Dody mengatakan bahwa indikator keberhasilan penanganan bencana bisa dilihat dari kondisi daerah bencana yang sudah normal pasca masa tanggap darurat bencana berakhir. “Bisa dikatakan penanganan ini (bencana di Kota Batu) adalah penanganan bencana terbaik, karena masa tanggap darurat bencana baru saja berakhir namun kondisi daerah bencana sudah normal,” ujar Dody, Senin(28/10).
Dia juga mengapresiasi Pemkot Batu yang sudah memiliki protap tangguh bencana yang baik, dan dapat dijalankan dengan baik, serta dilakukan banyak elemen dengan kompak. Maksudnya, penanganan bencana tidak hanya dilakukan OPD saja, namun juga melibatkan instansi samping seperti TNI, Polri hingga tim relawan.
Namun sempat muncul dan beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa penanganan bencana tidak berlangsung dengan baik. “Untuk itu kami datang ke sini guna memastikan kebenaran informasi tersebut. Dan ternyata di sini semua sudah tertangani dengan baik. Terima kasih Pemkot Batu, apresiasi juga untuk TNI Polri dan relawan,” tambah Dody.[nas]

Tags: