Keliling Kelas Tiap Hari

Retno Purwolystiorini, SE. M. MPd

Retno Purwolystiorini, SE. M. MPd
Melihat kondisi para siswa sekarang ini, keinginan untuk mengubah perilaku sopan santun tidak bisa langsung begitu saja bisa dilakukan. Harus ada proses kelembutan, kesabaran, ketekunan serta keterbukaan.
“Untuk menjaga keterbukaan itulah, saya setiap hari keliling kelas untuk menampung unek-unek mereka. Untuk mendengar keluhan mereka, demi membangun sekolah ini lebih baik lagi,” itulah ungkapan Kepala SMK Antarika 2 Buduran Sidoarjo, Retno Purwolystiorini, SE, MPd.
Oleh karena itu, untuk mendekatkan diri dengan siswa dan siswi, agar keterbukaan itu bisa terwujud, Retno memilih cara dengan mendatangi anak-anak di setiap kelas yang masih kosong pada jam pelajaran. Apakah itu jam pagi atau siang, yang pasti jamnya belum terisi oleh bapak/ibu guru.
“Menunggu jeda bapak/ibu guru masuk kelas untuk memberikan materi pelajaran,” jelas Ibu kelahiran Sidoarjo tahun 1972 ini.
Lanjutnya, dalam jeda itu, Retno berusaha masuk di kelas untuk menyampaikan beberapa informasi tentang sekolah, dan juga untuk mendengarkan keinginan mereka, unek-unek apa yang ingin disampaikan oleh anak-anak, termasuk juga keluhan-keluhan mereka. “Setelah itu, kita tampung, kita terima untuk menjadi masukan buat evaluasi kami di sekolah,” katanya.
Kalau dirinya tidak mendekati anak-anak, kemungkinan anak-anak tidak akan berani untuk menyampaikan unek-uneknya. Jadi keliling kelas itu adalah merupakan sebuah solusi untuk bisa kita atasi secara bertahap, secara skala prioritas.
“Makanya, saya terus keliling kelas untuk mendengarkan keluhan mereka,” jelas Retno lagi.
Ia katakan, ada sekitar 60 kelas, dan itu tidak munging bisa dilakukan serentak, tetapi dirinya selalu keliling, begitu terlihat ada kesas yang jeda/menunggu kehadiran guru yang akan mengajar, disitulah saya isi sebenbar.
“Saya flexible jalan-jalan aja. Kalau ada kelas yang masih kosong, saya langsung masuk. Langsung saya tanya waktunya jam pelajaran apa, dan gurunya siapa. Sekalian untuk merespon bapak/ibu guru yang datang terlambat untuk mengajar,” ungkap guru mata pelajaran kewirausahaan. Ia mengaku, dalam masa hidupnya tidak terbayang sama sekali dibenaknya untuk menjadi kepala sekolah, sangat jauh dari angan-angan.
“Jadi, posisi yang saya terima sekarang ini, merupakan amanah yang sangat berat. Karena kondisi sekolah ini sudah besar, artinya saya harus bisa membangun sekolah ini menjadi lebih maju, serta terus berkembang lebih baik lagi, ” ungkap mantan TU sekolah ini. [ach]

Rate this article!
Keliling Kelas Tiap Hari,5 / 5 ( 1votes )
Tags: