Kejari Kota Batu Tangkap Buron Setelah Kabur Selama 5 Tahun

Proses penangkapan tersangka Esa oleh para Petugas Kejari Batu dan Kejati Jatim

Kota Batu,Bhirawa
Seorang warga Karangploso Kabupaten Malang ditangkap Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu setelah menjadi buron atau Daftar Pencarian Orang (DPO) selama 5 tahun. Ia menjadi tersangka akibat melakukan aksi pencabulan anak di sebuah villa di Kota Batu pada di tahun 2014. Setelah ditangkap pada Kamis (28/3), kini tersangka diamankan di Lapas Lowokwaru, Kota Malang, Jumat (29/3).
Diidentifikasi, tersangka yang diamankan bernama Esa Prayoga, 23th, warga Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Ia menjadi tersangka karena kabur saat akan menjalani sidang tahun 2015 silam.
“Pada tahun 2014, tersangka ini masih di bawah umur sehingga tidak ditahan, tetapi tetap wajib mengikuti setiap sidang. Dan saat akan sidang, tersangka ini melarikan diri,” ujar Kasi Intel Kejari Kota Batu, Dedy Agus Oktavianto saat dikonfirmasi, Jumat (29/3)
Ia menjelaskan bahwa tersangka ditangkap di sebuah pergudangan di PT Artha Wena Sakti Gemilang, Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang pada Kamis (28/3) sore. Adapun dalam proses penangkapan Kejari Batu dibantu oleh Kejaksaan Tinggi Jatim.
Diketahui, selain Esa ada 3 tersangka lain dalam kasus pencabulan ini. Namun 3 tersangka lain tidak melarikan diri dan sudah selesai menjalani proses sidang.
“Tiga tersangka lainnya sudah selesai sidang, tinggal tersangka Esa ini. Sudah kami limpahkan ke Pengadilan Negeri Malang, tinggal menunggu jadwal sidang saja,” tambah Dedy. Dan keempat pelaku ini melakukan aksinya di kawasan villa Songgoriti di akhir tahun 2014.
Adapun modusnya, para pelaku mengajak korban jalan-jalan korban, dan kemudian memberikan minuman beralkohol sampai mabuk. Akibatny, terangka Esa dijerat dengan pasal 81 UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.(nas)

Tags: