Kebakaran Tengah Malam Hanguskan Kios Gedung Kesenian Kota Batu

Petugas DPK Batu melakukan pembahasan di area Gedung Kesenian Batu yang terbakar, Minggu (10/2) tengah malam.

Kota Batu, Bhirawa
Kebakaran di tengah malam mengagetkan warga Desa Oro Oro Ombo, Kota Batu, Minggu (10/2). Luapan api meluluh-lantakkan 2 kios yang ada di Gedung Kesenian Kota Batu (GKKB) yang berada di Desa tersebut. Kebakaran ini sempat menimbulkan tanda tanya warga karena menit sebelumnya hujan deras baru saja mengguyur kawasan tersebut.
Mengetahui adanya kebakaran, tim pemadam dari Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu yang mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Mereka langsung melakukan upaya pemadaman bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Polsek Batu, Linmas Desa Oro-Oro Ombo, Tagana, Garda Relawan, serta warga setempat. Besarnya api membuat tim gabungan ini membutuhkan waktu 2 jam untuk memadamkannya.
“Ada 2 kios di Gedung Kesenian ini yang ikut terbakar api. Satu kios berisi peralatan bengkel sepeda motor, sedangkan kios lainnya berisi peralatan musik berbahan bambu,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, Senin (11/2).
Setelah api dipastikan padam, petugas melakukan olah TKP. Semua peralatan dan barang-barang yang ada di bengkel semuanya habis dilalap si jago merah. Sementara, untuk kios peralatan musik hanya sebagian yang terbakar.
“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah kebakaran ini. Dan dugaan sementara kebakaran ini dikarenakan korsleting listrik,”tambah Rochim.
Dari kajian sementara, dari perlengkapan bengkel yang hangus terbakar ditaksir senilai Rp 20 juta. Sedangkan untuk yang kios alat musik ditaksir kerugiannya sekitar Rp 10 juta.
Untuk menghindari munculna api kembali DPK melakukan pembahasan di area sekitar TKP. Total ada 4 kios yang disemprot air. Dua lainnya adalah kantor kesekretariatan komunitas Dewan Kesenian dan galeri seni rupa.
“Meskipun di titik ini tidak ada api, untuk proses pengamanan dilakukan pembasahan agar api tidak muncul dan meluas,”pungkas Rochim.(nas)

Tags: