Kampanye Pendidikan Inklusif Lewat Takjil dan Bukber

Anak Berkebutuhan Khusus saat bermain olahraga di Stadion Untung Suropati, Kota Pasuruan. [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) melaksanakan buka bersama (bukber) Anak Berkebutuhan Khusus.
Kegiatan yang melibatkan puluhan anak yang tergabung dalam Forum Anak Kota Pasuruan dilaksanakan di Kantor Kesekretariatan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Pasuruan, Sabtu (25/5).
Plt Kepala DP3AKB Kota Pasuruan, Sugiarti menyampaikan setiap anak mempunyai hak yang sama. Karenanya, kampanye pendidikan inklusif sangat penting dilakukan. Tujuannya agar masyarakat semakin sadar, bahwa semua anak yang terlahir di dunia memiliki keistimewaan dan hak yang sama.
“Di acara bulan yang suci ini, yakni bulan Ramadan, kami mengajak mereka untuk berbuka bersama. Perlu di ingat dan diketahu bersama bahwa setiap anak mempunyai hak yang sama karena setiap anak terlahir istimewa,” ucap Sugiarti, Sabtu (26/5) sore.
Selain itu, kegiatan tersebut tak lain agar masyarakat tidak lagi melakukan diskriminasi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus.
“Tidak boleh membeda-bedakan, semuanya sama. Mereka itu sangat bisa sekolah di sekolah leguler,” kata Sugiarti.
Kegiatan yang bekerjasama dengan Unicef itu langsung turun ke jalan. Yakni dengan membagi takjil kepada pengguna jalan. Supaya, pendidikan inklusif bisa langsung tersampaikan kepada masyarakat.
“Saat mereka membagikan takjil, auranya sangat senang dan gembira. Mereka bersatu-padu dengan yang lainnya. Tidak ada skat dari mereka. Terasa sangat istimewa kegiatan ini. Termasuk saat berbuka bersama. Tentu kegiatan ini, bisa langsung tersampaikan ke masyarakat,” tambahnya. [hil]

Tags: