Kadikbud Apresiasi Prestasi SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo

Beberapa siswa mendapatkan ucapan selamat dari para guru-gurunya.

Sidoarjo, Bhirawa
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo Drs Ec Asrofi, MH, MM mengapreasi SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo yang telah membekali peserta didiknya dengan budi pekerti, prestasi, dan kompetensi. Khususnya sebagai bekal pada abad ke-21 dan persiapan memasuki era revolusi industri 4.0.
“Sesuai dengan program SMP PGRI 1 Buduran, semua lulusannya harus berbudi pekerti yang baik, selain berprestasi. Harus mempunyai kompetensi abad ke-21 (berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan berkolaborasi). Juga harus siap memasuki Revolusi Industri 4.0,”katanya pada acara Pelepasan Peserta Didik Kelas IX SMP PGRI 1 Buduran Angkatan XXXIX Tahun Pelajaran 2018/2019 di Gedung Rohmatul Ummah Sidoarjo.
Asrofi mengaku sudah sangat mengenal program SMP PGRI 1 Buduran. Selain unggul dalam iman dan taqwa, ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni budaya, juga sangat disiplin dan maju dalam PPK (Penguatan Pengembangan Karakter). “Melalui mata pelajaran ekstrakurikuler dan muatan lokal, peserta didik dibekali life skills (ketrampilan hidup). Dengan demikian, anak-anak akan tumbuh kembang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Mereka tidak akan salah pilih masuk SMA/MA atau SMK,” katanya, kemarin (7/5).
Kegiatan pelepasan yang mengambil tema ‘Membangun Insan Berbudi Pekerti dan Berprestasi, Meraih Kompetensi Abad Ke-21, Siap Memasuki Era Industri 4.0’. Juga dihadiri oleh Ketua YPLP Dasmen PGRI Jawa Timur Cabang Sidoarjo, Drs. Edy Wuryanto, M.Pd, MM; Ketua Komite SMP PGRI 1 Buduran, Suntono; Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si; Wakil Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Drs. H. Abdul Sjukur, MM, para alumni SMP PGRI 1 Buduran, dan para orangtua/wali peserta didik kelas IX SMP PGRI 1 Buduran.
Pelepasan kelas IX ini diikuti oleh 267 orang peserta didik. Di antarannya terdapat 50 orang peserta didik yang mendapatkan penghargaan Peserta Didik Berdedikasi Tinggi. Mereka adalah para pengurus OSIS (Organisasi Intra Sekolah) masa bakti tahun 2018-2019, anggota Pramuka Inti dan Dewan Penggalang, dan peserta didik yang berprestasi di bidang kesenian dan olahraga.
Prosesi acara pelaporan Ketua Panitia Dra. Lilik Tri Utami, sambutan Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, sambutan wakil peserta didik kelas IX oleh Usthu Fania Hamim; dan presentasi Testimoni Alumni yang diwakili oleh Muhammad Hasim, SE, MM yang sehari-hari bekerja sebagai Protokoler Pemkab Sidoarjo.Juga pengukuhan Ikatan Alumni Angkatan 2018-2019, pembacaan janji alumni, dan penyerahan cindera mata dari peserta didik kepada pihak sekolah.
Ketua YPLP Dasmen PGRI Jawa Timur Cabang Sidoarjo, Drs. Edy Wuryanto, MPd, MM menyatakan, juga sangat mengapresiasi SMP PGRI 1 Buduran. Setiap kali melaksanakan kegiatan selalu digelar secara spektakuler. Bukan hanya itu, juga sering berprestasi di bidang seni budaya di tingkat kabupaten dan provinsi.
“SMP PGRI 1 Buduran adalah SMP PGRI terbaik se-Indonesia,”ujarnya. [ach]

Tags: