Kades Sidoarjo Harus Ikut Sukseskan Kegiatan Pemkab

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memberikan ucapan selamat kepada para pejabat di lingkungan kecamatan tulangan. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo menegaskan kepada seluruh pejabat termasuk Kepala Desa yang ada di Pemerintahaan Kabupaten Sidoarjo untuk bisa mensukseskan seluruh kegiatan-kegiatan yang ada di Pemkab Sidoarjo. Kususnya para Kepala Desa (Kades) juga harus mampu, karena mereka sebagai ujungtombak dari pemerintatahn.
Penegasan tersebut, disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menghadiri pelantikan Pj Kades yang ada di wilayah Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Mereka harus mampu mensukseskan agenda kegiatan Pemkab Sidoarjo.
Selain itu, juga harus dapat menjalankan tugas menggantikan Kades definitif. Mereka akan mengemban tugas selama satu tahun masa jabatan atau berakhir, setelah dilantik kepala desa definitif hasil Pilkades.
Ia juga berharap seluruh Pj Kades juga harus memahami tugas pokok dan fungsinya. Para Pj Kades yang baru dilantik dapat mengemban amanat yang dipercayakannya. Penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkannya dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
“Pesan saya, pelayanan yang diberikan harus berprinsip dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Menjadi pejabat bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani masyarakat,” pesan Saiful Ilah.
Sementara itu Camat Tulangan Abdul Wahib mengatakan ada 17 desa di Kecamatan Tulangan yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun depan. Masa jabatan Kades di 17 desa tersebut berakhir tahun ini. Bulan Agustus ini ada 6 Kades yang habis masa jabatannya. 11 orang sisanya berakhir pada bulan Desember tahun ini.
“Nantinya juga akan dilakukan pelantikan Pj Kades untuk mengisi kekosongan Kades di 11 desa tersebut,” katanya (28/8).
Abdul Wahib menjelaskan kalau penetapan Pj Kades oleh Bupati adanya usulan camat terlebih dahulu. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Bupati maupun Perda yang ada. Dikatakannya pengajuan Pj Kades tidak serta merta dilakukan secara serampangan. Namun dilakukan dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan BPD masing-masing desa.
“Harapannya nantinya ada sinergitas yang terbangun antara Pj Kades dengan seluruh BPD yang ada. Hal tersebut penting agar perjalanan roda pemerintah desa dapat berjalan dengan baik,” harap Abdul Wahib. [ach]

Tags: