Jelang Ramadan Harga Daging Ayam di Kabupaten Malang Meroket

Pedagang daging ayam di Pasar Kepanjen, Kec Kepanjen, Kab Malang

Kab Malang, Bhirawa
Harga bahan pokok disejumlah pasar di wilayah Kabupaten Malang, sejak jelang bulan Ramadhan, telah mengalami kenaikan. Sedangkan kenaikan bahan pokok yang menonjol adalah harga daging ayam, yang kini mencapai Rp 31 ribu per kilogramnya, serta daging sapi yang mencapai Rp 110 ribu per kilogramnya.
Hal ini dibenarkan, Kepala Kepala Unit Pengelola Pasar Daerah (UPPD) Jabung Ayom Aji Saputra, Minggu (5/4), kepada wartawan, jika se-Minggu terakhir menjelang bulan suci Ramadhan, harga daging ayam dan daging sapi memang mengalami kenaikan. Karena sebelumnya, harga daging ayam Rp 29 ribu per kilogram, kini sudah mencapai Rp 31 ribu per kilogram. Begitupun juga pada daging sapi, sebelumnya Rp 105 ribu per kilogramnya, kini naik menjadi Rp 110 ribu perkilogramnya.
Dijelaskan, kenaikan harga daging ayam tersebut, hal ini merupakan perubahan harga yang biasa terjadi dalam satu tahunnya. Apalagi nanti saat menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dan kenaikan harga daging ayam saat menjelang Hari Raya harga per kilogramnya semakin meroket, dan kenaikan itu juga pada daging sapi. “Biasanya, daging ayam mendekati Lebaran, harganya bisa mencapai Rp 33 ribu per kilogramnya, bahkan harganya bisa lebih dari itu,” paparnya.
Sedangkan, lanjut Ayom, untuk harga daging sapi sebelum menjelang bulan suci Ramadhan, harganya masih Rp 105 per kilogramnya. Namun, saat menjelang bulan Ramadhan, harga daging sapi naik menjadi Rp 110 per kilogramnya. Dan selain, daging ayam dan daging sapi harganya mengalalami kenaikan, ini pun juga terjadi pada komoditas lainnya, seperti bawang putih, telur, kentang dan gula pasir.
Ditempat terpisah, salah satu pedagang sembako di Pasar Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang Nur Khasanah mengatakan, kenaikan harga tidak hanya pada daging ayam dan daging sapi saja, tapi juga pada bahan pokok yang lainnya. Diataranya, harga pawang putih , telor ayam dan kentang juga mengalami kenaikan. “Kenaikan harga sembako menjelang dan memasuki bulan suci Ramadhan, kemungkinan persedian barang menipis,” terangnya.
Disebutkan, untuk harga telor ayam sebelumnya Rp 21 ribu per kilogramnya, kini harga sudah mencapai Rp 24 ribu per kilogramnya. Sedangkan untuk harga kentang, sebelumnya Rp 12 ribu per kilogramnya, kini sudah mencapai Rp 12 ribu per kilogramnya. Begitu juga dengan harga gula pasir dari sebelumnya Rp 11 ribu per kilogramnya, kini harganya Rp 12,5 ribu per kilogramnya.
“Untuk kenasikan harga bawang putih meroket lebih tajam, yakni per kilogram kini harganya mencapai Rp 50 ribu, yang sebelumnya Rp 40 ribu per kilogramnya. Sedangkan kenaikan harga sembako ini, biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri harganya akan naik lagi,” ungkap Nur.[cyn]

Tags: