Jelang Lebaran, Perbaikan Jalan Pantura Kabupaten Situbondo Rampung

Sejumlah pekerja melakukan perbaikan salah satu sudut jalan raya pantura Situbondo. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Mendekati perayaan idul fitri 1440 H, perbaikan sejumlah ruas jalan raya di sepanjang jalur pantai utara (pantura) Situbondo sudah hampir rampung.
Bahkan H-7 lebaran, perbaikan jalan raya sudah dipastikan selesai, mulai Kecamatan Banyuglugur (wilayah Situbondo paling barat) hingga Kecamatan Banyuputih (wilayah Situbondo paling timur) sejak kemarin. Kondisi menggembirakan ini disambut antusias para pengguna jalan raya sehingga perayaan hari raya tahun ini diprediksi bakal lancar.
Pengamatan Bhirawa menyebutkan, proses perbaikan jalan raya Pantura Situbondo dipastikan akan rampung sebelum H-7 lebaran. Ini didukung oleh para pekerja yang kini masih fokus melakukan tambal sulam beberapa titik jalan berlubang, karena di khawatirkan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.
“Termasuk jalan raya yang rusak parah hingga jalan yang berlubang terus diperbaiki,” ungkap salah satu pengawas perbaikan jalan raya pantura Situbondo, Sucipto, kemarin.
Masih kata Sucipto, saat ini sejumlah titik jalur pantura sudah dilakukan pelebaran. Di sejumlah titik rawan kemacetan seperti kawasan wiata laut Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo juga sudah dilakukan pelebaran pada dua sisi bahu jalan.
Menurut Sucipto, yang dikenal sebagai konsultan pengawasan pelaksanaan proyek perbaikan jalan nasional itu, para pekerja terus mengebut perbaikan jalan berlobang maupun bergelombang.
“Dipastikan sekitar H-7 lebaran proses perbaikan jalan sudah akan rampung,” ungkap Sucipto.
Sucipto menambahkan, dari catatan yang ada dalam timnya, sedikitnya ada 20 titik perbaikan di lakukan sepanjang jalan Pantura Situbondo. Perbaikan jalan maupun pelebaran jalan bervariasi ada yang mengunakan hotmix yang sudah dilakukan sebelum bulan puasa tiba.
Sucipto mengaku, pada H-7 semua alat berat dipastikan sudah terparkir di tepi jalan, agar tidak mengganggu arus mudik lebaran. Arus mudik lebaran tahun ini, terang dia, dipastikan akan mengalami peningkatan.
Bahkan tegas Sucipto, kepadatan arus lalu lintas yang melewati jalan pantura Situbondo juga akan terus meningkat. “Ini karena jalan pantura Situbondo masuk sebagai salah satu jalan nasional penghubung trans jalan Jawa-Bali” pungkas Sucipto.
Salah satu pengguna jalan raya Samsul Hadi mengaku senang dengan kondisi perbaikan jalan raya pantura yang sudah nyaris rampung kemarin.
Kata pria asli Situbondo itu menegaskan, dengan sarana jalan raya yang bagus, membuat para pengguna jalan raya dan arus mudik lebaran akan terbantu sehingga lancar sampai di kampung masing masing.
“Perbaikan ini akan membantu kelancaran arus lalu lintas di pantura Situbondo. Terlebih mendekati lebaran yang tinggal beberapa hari lagi,” pungkas Samsul Hadi. [awi]

Tags: