Jelang HUT TNI Ke-74 TNI, Ratusan Petani Gotong-royong Tumpas Tikus

Para petani dan TNI beserta masyarakat gotong royong menumpas tikus.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,Bhirawa
Berbagai momen tercipta menjelang peringatan HUT TNI ke – 74 . Salah satunya ada di Desa Bakalan Pule Tikung Lamongan , Jumat (4/10).
Para jajaran anggota TNI yang terdiri dari unsur Koramil , Babinsa berkolaborasi dengan Polri dalam hal ini Polsek setempat memperingati hari spesialnya TNI dengan masyarakat petani.
Diawali dengan tumpengan dan doa bersama, Kesemua elemen masyarakat tersebut kemudian bersatu bersama ratusan petani dengan cara gotong royong memberantas hama tikus.
Semangat gorong royong dengan para petani ini terbukti. Para petani secara sukarelawan urunan atau iuran  membawa beras satu kantong plastik untuk dikumpulkan bersama di balai desa setempat. Kemudian beras tersebut dicampur dengan racun tikus untuk di semai ke sawahnya masing – masing.
Danramil Tikung Kapten Taman menuturkan, Kami sangat bersyukur  tetap teguh untuk selalu dekat dengan masyarakat terutama petani. Sebab, masyarakat petani adalah dampingan kita di akar grasroot”Tutur Kapten Taman.
“Kita juga terus menjaga semangat budaya kita yakni gotong royong yang selalu mengakar ke masyarakat.Ini yang harus kita rawat.Semangat kebersamaan dan semangat persatuan”Imbuhnya.
Sementara itu Kepala Desa Bakalan Pule Zamroni mengungkapkan, Di momentum HUT – TNI ini saya ucapkan semoga TNI tetap jaya dan semakin dekat dengan masyarakat.Kita doa bersama ini semoga pangan bisa melimpah dan barokah”Ungkap Zamroni.
Kita selain doa bersama,  Zamroni menjelaskan , juga melakukan aksi memberantas tikus sebagai upaya kami sebelum masuk masa tanam. “Kami bergotong royong untuk memerangi hama tikus. Sasaranya ada di empat  Dusung yakni di Dusun Bakalan , Pule, Tikung  dan Sekargeneng”Jelas Zamroni
Disisi lain,  Ir.Sawin KUPT Dinas Pertanian setempat yang merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat petani.”Ini adalah upaya untuk menghadapai jelang musim tanam dan kita merespon laporan dari Kades dan masyarakat terkait hama tikus.Maka kami bersama petani memakai metode pengumpanan yakni beras yang dicampur dengan minyak dan kita beri racun tikus untuk di sebarkan di sawahnya masing – masing. Hal ini dilakukan tidak lain upaya dalam memberantas hama tikus”Ungkapnya.
Untuk diketahui HUT ke-74 TNI yang jatuh pada 5 Oktober mengangkat tema besar yang di gelorakan. Tema yang di gelorakan itu adalah ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. [aha]

Tags: