Jelang Hari Masuk Kerja, Kendaraan Masuk Kota Wisata Batu Menyusut

Di jam tertentu, kepadatan arus lalu-lintas masih terjadi di beberapa titik di Kota Batu, Minggu (9-6)

Kota Batu, Bhirawa
Kota Batu mengalami puncak arus balik pada hari Sabtu (8/6) kemarin. Jumlah kunjungan wisatawan pada hari tersebut tercatat lebih banyak dibanding pada hari Jumat (7/6) maupun hari-hari sebelumnya.
Adapun untuk hari Minggu (9/6), berdasarkan pantauan kepadatan arus lalu-lintas jumlah kendaraan yang masuk Kota Batu sudah tak sebanyak hari Sabtu (8/6). Penurunan ini dinilai wajar mengingat pada hari Senin (10/6) banyak instansi yang sudah memulai aktivitas kerjanya.
Tercatat pada hari Sabtu (8/6), ada sebanyak 33.743 wisatawan yang berkunjung ke 13 tempat wisata besar di Kota Batu. Sementara sehari sebelumnya atau Jumat (7/6) tercatat ada 24.879 wisatawan yang datang ke tempat wisata tersebut.
Khusus hari Minggu (9/6), sampai berita ini ditulis belum ada laporan jumlah total wisatawan yang datang ke 13 tempat wisata besar di Kota Batu. Di antaranya, JTP1, JTP2, JTP3, Selecta, dan Museum Angkut. Namun dari pantauan kepadatan arus lalu-lintas, jumlah kendaraan yang masuk Kota Batu kemarin (9/6), sudah tak sebanyak sehari sebelumnya.
“Namun, personel kita tetap siaga untuk mengamankan dan memberikan rasa nyaman kepada para wistawan yang datang ke Kota Batu,”ujar Kapolres Batu, AKBP.Budi Hermanto, S.I.K., M.Si yang turun langsung untuk memantau pengamanan di tempat wisata maupun pengaturan arus kendaraan, Minggu (9/6).
Dari pantauan Satlantas Polres Batu di 3 pos, yakni Pos Selekta, Pos Pesanggrahan dan Pos Pendem, Pada hari Sabtu (8/6), per jamnya ada 17.700 kendaraan yang masuk Kota Batu. Yakni, 8.700 roda dua, 8.400 roda empat dan 600 roda enam. Sementara, kendaraan yang keluar dari Kota Batu per jamnya tercatat adalah 7.560 unit roda dua, 7.980 unit roda empat dan 240 unit roda enam.
Kemudian untuk pantauan hari Jumat (7/6), kepadatan arus lalu lintas tercatat ada 13.000 kendaraan per jam yang masuk ke Kota Batu. Dan hari Kamis sebelumnya (6/6) ada 21.000 kendaraan yang masuk Kota Wisata Batu.
Dan untuk Minggu (9/6) kemarin, jumlah kendaraan yang masuk Kota Batu terus menyusut. Dari pantauan Satlantas di 3 pos yang sama, kemarin tercatat 6.120 kendaraan yang masuk Kota Batu per jamnya. Jumlah ini lebih sedikit dibanding kendaraan yang keluar Kota Batu yang tercatat 7.200 kendaraan per jamnya. Kendaraan tersebut dimulai dari kendaraan roda dua, roda empat, dan roda enam.
Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, selain mempersiapkan personel, Polres Batu juga memasang banner-banner himbauan kamtibmas. Polres Batu meminta wisatawan dan masyarakat Kota Batu agar waspada terhadap semua tindak kejahatan untuk mencegah aksi curanmor dan pelaku kejahatan, seperti gendam dan hipnotis.
“Kita himbau agar wisatawan berhati-hati dan waspada curanmor dan pelaku gendam serta hipnotis. Parkir ranmor di tempat aman dengan memasang kunci ganda. Selalu waspada dan jangan mudah percaya orang yang baru dikenal,”himbau Kapolres.(nas)

Tags: