Jalan Nasional di Kota Pasuruan Bergelombang, Warga Mengeluh

Kondisi JLS di Kota Pasuruan yang bergelombang membahayakan pengguna jalan, Selasa (6/8).

Pasuruan, Bhirawa
Sejumlah warga sekitar hingga pengguna jalan mengeluhkan jalan yang sudah tak nyaman lagi di sepanjang Jl HOS Cokroaminoto, KH Hasyim Asyari hingga Jalan Gatot Subroto, Kota Pasuruan. Karena jalan tersebut bergelombang besar.
Pantauan Bhirawa di lokasi, bergelombangnya Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Pasuruan terjadi mulai dari sisi timur maupun sisi barat, tepatnya mulai di depan Terminal Untung Suropati, Kota Pasuruan hingga ke arah selatan. Gelombang itu memiliki ketinggian yang berbeda-beda, mulai dari 10 sentimeter sampai 30 sentimeter.
Warga Blandongan, Samsul menyatakan jalan yang bergelombang terjadi sudah tiga sepekan yang lalu. Tentusaja, kondisi itu membuat berbahaya bagi para pengendara, terutama roda dua.
“Para pengguna jalan harus berhati-hati kalau lewat jalur lingkar selatan Kota Pasuruan ini. Karena di sisi kanan dan kiri jalannya bergelombang besar. Terutama roda dua harus ektra waspada,” ujar Samsul, Selasa (6/8).
Selain bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan, gelombang yang cukup besar dan dalam itu juga bisa mengakibatkan kaki-kaki kendaraan rusak. Karena itu, para pengendara di himbau menurunkan kecepatan kendarannya.
“Jika malam hari, kondisinya semakin berbahaya, jalanan pantura ini bagaikan bah ranjau. Terlebih jalan ini juga minim penerangan,” tandas Hadi, warga lainnya.
Tak hanya itu, kualitas jalur JLS tersebut cukup dipertanyakan lantaran terbilang baru. “Saya heran, ini jalan masih baru tapi kenapa aspalnya gelombang dan ada yang mengelupas. Seperti rumah yang tak memakai semen saja. Penerangan di jalur ini pun sanagt minim,” terang Munip warga Krampayangan yang sehari-hari melewati JLS itu.
Ia bersama warga lainnya hanya berharap agar pemerintah segera memperbaikinya. “Kami minta agar pemerintah secepatnya memperbaiki jalan rusak ini. Semuanya demi keselamatan kita bersama pengguna jalannya lainnya,” tambah Munip.
Belum bisa di konfirmasi terkait jalan JLS yang bergelobang tersebut. Karena jalan itu merupakan jalan nasional. [hil]

Tags: