Jaga Kesehatan, Ratusan Prajurit Koarmada II Donorkan Darah

Jaga Kesehatan, Ratusan Prajurit Koarmada II Donorkan Darah.

Surabaya, Bhirawa
Ratusan prajurit Koarmada II berbondong-bondong donorkan darah demi menjaga kesehatan tubuh dan fisik. Donor darah yang diadakan Dinas Kesehatan Koarmada II ini dilaksanakan di Gedung R30 Denmako Koarmada II Surabaya, Rabu (18/9) dan diikuti sekitar 200 prajurit dan PNS Koarmada II Surabaya.
Donor darah yang digelar untuk memperingati HUT ke-74 TNI AL ini turut dihadiri Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono yang menyumbangkan darahnya. Para Asisten Pangkoarmada II, Kasatker Koarmada II, Prajurit serta PNS Koarmada II Surabaya.
Berkerjasama dengn Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya dan Sidoarjo, sebanyak ratusan kantong darah terkumpul dari kegiatan ini. Nantinya ratusan kantong darah itu akan disimpan oleh PMI dan disalurkan kepada yang membutuhkan.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada II, Kolonel Laut (P) I Ketut Tirka Nandaka menjelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial kemanusiaan. Dan juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh.
“Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Dan hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke,” jelas Kolonel Laut (P) I Ketut Tirka Nandaka.
Tirka menambahkan, melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan bagi prajurit dan PNS. Sehingga resiko penyakit serangan jantung maupun stroke dapat diminimalisir.
Dengan donor darah, dapat juga menurunkan kadar kolesterol. Sehingga tubuh akan terasa sehat dan meminimalisir dari segala macam penyakit. Donor darah juga, lanjut Tirka, dapat meningkatkan kesehatan psikologis.
“Dengan mendonorkan darah, kita bisa senang dapat membantu menyelamatkan orang lain,” pungkasnya. [bed]

Tags: