Hari Pertama, Bupati Tantri Antar Anak Sekolah

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari beserta suami Hasan Aminuddin mengantarkan 2 anaknya, Daffa Taaj Mulkil Akbar dan Athaya Kahfi Mulkil Akbar ke SDN Sukabumi 2, Kota Probolinggo, Senin (15/7) kemarin pagi.

Probolinggo, Bhirawa
Di tengah kesibukan sebagai kepala daerah dan anggota DPR-RI, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari beserta suami, Hasan Aminuddin mengantarkan 2 anaknya, Daffa Taaj Mulkil Akbar dan Athaya Kahfi Mulkil Akbar di hari pertama masuk Sekolah Dasar (SD) ke SDN Sukabumi 2, Kota Probolinggo, di hari pertama sekolah, Senin (15/7) pagi.
Begitu tiba, Tantri dan Hasan bersalaman dengan kepala sekolah, dewan guru dan wali murid lain yang juga mengantarkan anak. Hasan yang pernah jadi bupati dua periode, juga diminta mewakili wali murid, menyerahkan anak ke sekolah.
“Mengantarkan anak sekolah ini merupakan budaya masyarakat Indonesia. Dulu, saya juga diantarkan oleh ayah,” kata Hasan.
Anggota komisi VIII dari Fraksi Nasdem itu juga mengingatkan kepada wali murid untuk tidak melapor kepada aparat penegak hukum bila guru memberi pembelajaran dan menindak anak. Entah dengan cara dicubit, dijemur atau dipukul. Beberapa kali, Hasan juga meminta persetujuan kepada ratusan wali murid.
“Kalau terjadi, silakan introspeksi diri. Ambil anaknya dan ajari sendiri, serta pesan ijazah sendiri,” katanya di hadapan wali murid lainnya.
Dia lantas menyebut seorang wali santri yang nekat melaporkan kiai pesantren di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan. Setelah melalui proses mediasi, laporan itu akhirnya dicabut.
Putra mereka, Athaya Kahfi Mulkil Akbar tahun ini baru masuk Sekolah Dasar (SD) sementara kakaknya, Daffa Tajmulkil Akbar, naik kelas IV SD. Mereka berdua bersekolah di SDN Sukabumi 2 yang lokasinya memang dekat dengan rumah dinas Bupati Probolinggo.
Bupati Tantri dan H. Hasan Aminuddin berbaur dengan wali murid lainnya yang juga mengantar putra putri mereka di hari pertama sekolah. Tak ada perlakuan khusus meski keduanya adalah para putra orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo. Daffa langsung masuk ke ruang kelas barunya di kelas IV A. Pagi itu, Kahfi langsung berbaur dengan teman-temannya di kelas I D usai pengarahan kepada Wali Murid oleh pihak sekolah.
“Hari ini kita mengantar anak saya ke sekolah di hari pertama. Kebetulan satu sekolah dengan kakaknya,”jelas Bupati Tantri. Lebih lanjut, Bupati Tantri menambahkan bahwa di sekolah dirinya menyerahkan sepenuhnya buah hatinya tersebut kepada para bapak/ibu guru.
“Di sekolah kami menyerahkan dan percayakan sepenuhnya kepada guru, selaku pendidik dan tidak ada yang istimewa,” tambahnya. [wap]

Tags: