Hari Perdana Masuk Kerja, Bupati Sumenep Mutasi 63 Posisi

Hari Perdana Masuk Kerja, Bupati Sumenep Mutasi 63 ASN Administrator

Sumenep, Bhirawa
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim melakukan pergeseran Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas pada 63 ASN Eselon II, III dan IV di hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama lebaran Idul Fitri 1440 H. Mutasi jabatan itu dilakukan di halaman kantor Bupati pada saat apel gabungan.
Dari 63 ASN yang mendapat jabatan baru diantaranya dr. Fathoni yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan, saat ini menjadi sfaf ahli dan Ach. Zaini sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), kini menduduki jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).
Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan, pergeseran jabatan ini merupakan hal biasa ditingkat pemerintahan kabupaten. Tujuannya, dalam rangka penyegaran di internal pemerintahan. Sebab, jika ASN terlalu lama mendueuki jabatan tertentu dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak baik.
Misalnya, perjalanan organisasi pemerintahan akan terjadi kemandegan. “Untuk itu, butuh pergeseran jabatan agar roda pemerintahan terus berjalan dengan baik dan pelayanan publik tetap maksimal,” kata Bupati Sumenep dalam sambutannya, Senin (10/6).
Selain itu, orang nomor satu di Bumi Sumekar ini menyampaikan, dilingkungan Pemkab Sumenep banyak Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau pimpinan OPD yang masih kosong lantaran banyak pimpinan OPD yang memasuki masa pensiun.
Untuk mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten Sumenep segera membuka Seleksi Terbuka. Pemerintah setempat akan mulai membuka pendaftaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin mengikuti seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama pekan ini.
“Untuk mengisi kekosongan sejumlah kepala OPD atau pimpinan tinggi pratama harus melalui seleksi terbuka sesuai dengan ketentuan prosedurnya, sehingga pemerintah daerah membentuk Panitia Seleksi (Pansel). Tahapan proses seleksi terbuka kami mulai hari ini (kemarin, red), sehingga pada hari Selasa (hari ini, red) Pansel sudah membuka pendaftaran,” terangnya.
Bupati menyerukan, seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama berlaku bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, hanya saja dengan catatan ASN itu secara aturan telah memenuhi persyaratan menduduki jabatan tinggi pratama atau kepala OPD.
“Semua ASN yang memenuhi syarat silahkan mendaftarkan diri ke Pansel untuk mengikuti seleksi terbuka atau lelang jabatan. Tapi, sebelum mendaftar, silahkan penuhi dulu syarat dan ketentuannya,” ujar lelaki yang menjabat Bupati dua periode ini.
Sementara itu, jabatan pimpinan OPD yang masih kosong atau terisi diantaranya Dinas PU Pengairan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Satpol PP, Dispertahortbun, Dinas Kesehatan dan BPKAD.
Sejatinya, Bupati ingin segera mengisi pimpinan OPD yang kosong, hanya saja kendalanya belum bisa melaksanakan assessment kompetensi seleksi terbuka dalam waktu dekat karena masih menunggu giliran jadwal pelaksanaan assesment dari Pemprov Jatim,” tukasnya. [sul]

Tags: