Hari Jadi Kota Blitar Ke 113, Pemkot Gelar Bazar Blitar Jadul

Plt. Walikota Blitar, Drs. Santoso, MPd saat membuka Bazar Blitar Jadul Meriahkan Hari Jadi Kota Blitar ke 113 Tahun 2019, Jumat (5/4) kemarin.
[Hartono/Bhirawa]

Kota Blitar, Bhirawa
Memperingati Hari Jadi Kota Blitar ke 113 tahun 2019, Pemerintah Kota Blitar kembali gelar Bazar Blitar Jadul di Aloon-Aloon Kota Blitar mulai hari Jum’at tanggal 5 sampai hari Selasa tanggal 9 April 2019.
Bahkan tahun ini diikuti lebih dari 200 stand yang bernuansa jaman dulu nampak berjejer di Aloon-Aloon Kota Blitar, dimana seperti dijajakan berbagai kuliner jaman dulu khas Kota Blitar
seperti permen gulali dan es pleret.
Dalam kegiatan Bazar Blitar Jadul ini selain itu juga ada pernak-pernik menarik yang semuanya tak jauh dari ciri khas jaman dulu, juga dijajakan. Bahkan seluruh penjual dan pembelinya pun menggunakan pakaian yang tak biasa.
Mereka ada yang menggunakan pakaian jadul ada pula yang menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah. Sehingga nuansa jaman dulu di Kota Blitar tampak terasa, dimana Bazar Blitar jadul ini hanya bisa didapati setahun sekali. Yakni pada peringatan hari jadi Kota Blitar.
Pada Bazar Blitar Jadul ini secara resmi dibuka Plt Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd, dan dalam sambutanya Santoso mengajak masyarakat Kota Blitar bersyukur atas usia Kota Blitar yang sudah genap 113 tahun.
“Mengawali pembukaan ini mari bersama-sama kita bersyukur atas nikmat yang diberikan tuhan karena masih diberi kesempatan untuk memperingati hari jadi Kota Blitar ke 113,” kata Plt. Wali Kota Blitar, Santoso.
Plt. Wali Kota Blitar, Santoso juga berharap, Bazar Blitar Jadul ini bisa memberi hiburan kepada masyarakat Kota Blitar dan menjadi ajang nostalgia bagi warga Kota Blitar.
“Baik yang di luar daerah maupun di dalam Kota kami harap Bazar Blitar Jadul ini mampu memberi hiburan dan menjadi ajang nostalgia dengan suasana Kota Blitar tempo dulu,” jelasnya.
Dengan nuansa jaman dulu yang begitu kental, pengunjungpun terlihat betah berada di dalam area bazar Blitar jadul. Mereka ada yang menikmati kuliner, belanja pernak-pernik hingga sekedar berswafoto di stand-stand yang menarik.
Dikatakan salah satu pengunjung, Suroso (42) mengatakan, ia sengaja datang ke Bazar Blitar jadul untuk bernostalgia dan menikmati kuliner jaman dulu, yang saat ini sudah susah dijumpai.
“Untuk kuliner yang selalu saya beli saat mengunjungi Bazar Blitar jadul adalah permen gulali, karena susah mencari di penjualnya sekarang,” kata Suroso yang juga menggunakan pakaian jadul.
Sementara pengunjung lainya, Ema (36) mengatakan sengaja datang ke Bazar Blitar jadul untuk berfoto disejumlah stand menarik. Agar senada dengan tema jadul, tak lupa ia bersama sejumlah temannya menggunakan baju jadul.
“Kalau di hari biasa kita jarang menemui tempat yang bagus untuk foto-foto dengan nuansa jadul. Jadi mumpung ada bazar Blitar jadul kita manfaatkan untuk foto-foto lengkap dengan busana jadul,” pungkasnya. [htn.adv]

Tags: