Hari Jadi 489, Pemkab Pamekasan Gelar School Fair

Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e, didamping Sekda Pamekasan, Totok Hartono dan Kadisparbud Pamekasan, ketika meninjau stand pameran School Fair. [syamsudin]

Pamekasan, Bhirawa
Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e menandaskan, kegiatan School Fair salah satu rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan ke 489 adalah napak tilas berjalan peradaban, budaya, sosial dan ilmu pengetahuan.
“School Fair hasil menggali potensi SDA dan SDM ini, memamerkan produk kerajinan, olahan makanan dan karya ilmu pengetahuan dan pameran buku. Serta pagelaran seni dan budaya,” katanya.
Even School Fair ini diikuti 74 peserta, terdiri Lembaga Pendidikan, Instansi dan Swadaya masyarakat, selama empat hari sejak 14 hingga 17 Oktober 2019, berlangsung di Lapangan Bahari Ronggasukowati setempat.
Ketua Panitia Hari, Totok Hartono mengatakan, tujuan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yakni mengembangkan dan melestarikan nilai – nilai spritual, serta menanamkan dan rasa memiliki warisan kebudayaan daerah.
Selain itu, memberi ruang kreatifitas bagi generasi muda untuk berkarya. Terbuka ruang wisata budaya dan penguat ekonomi masyarakat Pamekasan serta memperkaya khasanah budaya nasional.
Wabup menjelaskan, potensi gali bersama – sama akan dijadikan tolak ukur kebijakan yang akan disesuaikan dengan misi dan visi pemerintahan sekarang ini. Gelar potensi hasil karya enam generasi, selain akan membuka cakrawala pengetahuan. Terpenting lagi sebagai ajang promosi potensi yang berkembang di wilayah Kabupaten Pamekasan ini.
“Peringatan Hari Jadi Pamekasan, mempromosikan seni budaya dan karya ilmu pengetahuan. Namun, jangan dimaknai satu sekali tetapi masyarakat diharapkan ikut serta di dalamnya,” pintanya.
Diakui, Hari Jadi Pamekasan sudah berlangsung beberapa tahun. Namun pola kegiatan terus dibenahi sehingga mampu mendongkrak pariwisata menuju Pamekasan Makmur dan Hebat.
Diungkapkan, Tahun 2019 ini Karapan Sapi dan Sapi Sono digelar di Kabupaten Bangkalan. ”Jadi kurang kurang semarak. Tapi itu tidak mengurangi karena kita punya acara Kemilau di Madura,” ujar Wabup mantan Kepala Desa Sana Saja ini.
Wabup berharap, masyarakat harus tahu, bila di Bulan Oktober sampai Nopember memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan 489. ”Kami siap menerima masukan dan kritikan demi menyempurnakan acara Hari Jadi ke 490 pada Tahun 2020 mendatang,” ucapnya. [din]

Tags: