Harga Ikan Tuna di TPI Pondok Dadap Pantai Sendangbiru Stabil

Nelayan Pantai Sendangbiru saat membawa hasil tangkapan ikan tuna yang akan dilelang di TPI Pondok Dadap, Desa Tambakrejo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang

Kab Malang, Bhirawa
Kondisi cuaca di perairan laut Malang Selatan dalam kondisi normal, maka produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang melimpah. Sehingga hal itu berdampak pada stabilnya harga ikan tuna, dan harga ikan yang lainnya.
Hal ini dibenarkan, Ketua Paguyuban Nelayan Pantai Sendangbiru Budi Ismiyanto, Kamis (17/10), kepada wartawan, jika dalam se-Minggu terakhir ini, produksi ikan di TPI Pondok Dadap melimpah, bila dibandingkan sebelumnya. Karena saat ini harga ikan tuna mulai stabil, yakni Rp 58 ribu per kilogram. Dengan stabilnya harga ikan tuna, hal ini karena kondisi cuaca di wilayah Pantai Sendangbiru dalam kondisi normal.
Kondisi cuaca di laut normal, dia melanjutkan, tentunya berdampak pada melimpahnya ikan tuna di TPI Pondok Dadap. Namun sebaliknya, ketika kondisi cuaca di perairan laut Malang Selatan tidak bersahabat, maka produksi ikan hasil tangkapan nelayan Pantai Sendangbiru turun. Hal itu berdampak pada mahalnya harga ikan tuna, dan ikan jenis lainnya. “Turunnya harga ikan tuna, maka banyak permintaan ikan tuna oleh para pedagang ikan, baik pedagang ikan dari wilayah Malang Raya maupun luar Kabupaten Malang,” ujarnya.
Namun, kata Budi, lain dengan nelayan Pantai Kondang Merak, yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Sendangbiru, para nelayan disana lebih suka menangkap ikan tengiri dan gurita. Karena mereka beralasan lebih mudah menangkap ikan tengiri dan gurita dari pada menangkap ikan tuna. Sedangkan untuk bisa menangkap ikan tuna nelayan harus ke tengah laut. Tapi untuk mendapatkan ikan tengiri dan gurita, nelayan hanya melaut tidak jauh dari bibir pantai.
“Kami berharap, agar kondisi cuaca di perairan laut Pantai Malang Selatan dalam posisi normal. Sehingga hal ini akan memberikan semangat para nelayan dalam memproduksi ikan. Karena permintaan ikan tuna hasil tangkapan nelayan Pantai Sendangbiru terus meningkat,” tandasnya, [cyn]

Tags: