Hardiknas Memontum Penguatan Karakter Guru

Tuban, Bhirawa
Rabu (1/5) malam, di halaman masjid besar Ar Rahmat Plumpang Tuban terlihat begitu ramai. Seluruh jajaran pendidik hadir bershalawat dalam rangka merayakan moment peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.
Kegiatan ini diikuti oleh tenaga pendidik dari 47 lembaga PAUD, 37 lembaga TK, 35 lembaga SD, dan 3 lembaga SMP. Acara yang digagas oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Plumpang, Samsuri ini berjalan dengan lancar. Kendati hujan mengguyur tidak memadamkan semangat para guru untuk bershalawat bersama.
Acara ini digelar dengan tujuan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kalangan pendidik khususnya di kecamatan Plumpang. Acara ini juga dihadiri oleh masyarakat sekitar. Pra acara diisi dengan peluncuran 12 buku karya guru dan siswa SD di kecamatan Plumpang.
Plumpang bershalawat yang bertema Menuai Sejuta Kedamaian dengan Gema Sholawat dipimpin oleh Habib Muhsin AL Hamid dari Jember.
Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 juga bersamaan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440H. Malam itu juga digelar launching program unggulan UPZIS LASISNU Kecamatan Plumpang 1 desa 1 hafidh Qur’an.
Kemeriahan malam itu terasa ketika Habib Muhsin dengan lantang mengumandangkan Shalawat. Seluruh hadirin larut dalam bershalawat Bersama. Selain itu ikut hadir menyemarakkan acara ini adalah 25 ulama yang tersebar di desa-desa sekitar. Forkopimda, UPT Puskesmas, Kepala desa, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid. Pak Nur berpesan bahwa guru adalah pencetak karakter siswa, oleh sebab itu sangat penting membentuk karakter guru yang berakhlakul karimah.
Melalui momentum ini Camat Plumpang Saefiyudin berharap dengan banyak mengingat Allah dan mencintai Rasulullah para pendidik akan menjadi teladan yang baik bagi para siswanya. Selain itu dengan mengingat Allah dan Rasulnya para pendidik akan pula dimulyakan oleh Allah dan barokah rejekinya, sehat badannya, dan siap mengemban amanah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pendidik adalah tolok ukur terdepan keberhasilan Pendidikan nasional. Tidak hanya berbekal profesionalitas tetapi pembentukan karakter menjadi bagian yang sangat penting. Pendidik yang bisa digugu dan ditiru sangat dirindukan kehadiranya oleh para tunas bangsa yang nantinya akan menjadi generasi emas Indonesia. Mereka yang akan memimpin dan membawa Indonesia semakin maju dan dikenal dunia.
[Sriyatni, SPdSD, Guru SDN Sumurjalak II Plumpang, Tuban]

Tags: