Hanya dapat Kuota 100 CPNS, DPRD Situbondo Kritisi BKPSDM

Janur Sastra Ananda

Situbondo, Bhirawa
Tahapan rekruitmen CPNS sudah mulai disiapkan oleh pemerintah. Termasuk di Kabupaten Situbondo hanya mendapatkan kuota 100 CPNS.
Akibat minimnya jumlah CPNS ini Komisi I DPRD Situbondo kecewa kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Situbondo karena Komisi I tidak dilibatkan dalam penentuan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Kekecewaan Itu disampaikan kalangan wakil rakyat yang ada di Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo saat menggelar rapat kerja dengan BKPSDM Kabupaten Situbondo soal penentuan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) kemarin.
Menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Situbondo, Janur Sastra Ananda, sesuai kesepakatan sebelumnya penerimaan CPNS akan memprioritaskan honorer K2 yaitu 30 persen CPNS dan 70 persen penerimaan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak kerja).
Kata Janur, prosentase tersebut berubah karena Pemerintah tidak melakukan rekrutmen PPPK gelombang kedua pada tahun 2019 ini. “Ini hanya penerimaan CPNS murni dari kalangan masyarakat umum,” ujar politisi Partai Demokrat (PD) itu.
Masih kata Janur, awalnya Pemkab Situbondo mengajukan 200 orang CPNS. Jumlah pengajuan kuota tersebut disesuaikan dari jumlah PNS yang akan memasuki purna tugas. Namun oleh pemerintah pusat, tegasnya, Pemkab Situbondo hanya mendapatkan kuota 100 CPNS. Nah dari jumlah tersebut, sambung Janur, susunan formasi untuk CPNS guru hanya mendapatkan 20 orang.
“Jumlah segitu belum memadai karena kebutuhan angka guru PNS di Situbondo sekitar 1.000 orang,” papar Janur. Janur kembali menuturkan, penentuan kuota CPNS itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah yakni tidak boleh melebihi dari 50 persen anggaran belanja tidak langsung atau belanja rutin pegawai di APBD.
Kata Janur, BKPSDM Kabupaten Situbondo sudah menjelaskan bahwa sesuai dengan jadwal pendaftaran CPNS, penerimaan akan dimulai pada bulan November 2019 ini.
Untuk itulah, urai Janur, Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo meminta masyarakat segera mempersiapkan diri untuk mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil.
“Mohon bagi pelamar CPNS segera mempersiapkan segala sesuatunya,” pungkas pria yang sukses melenggang di Kantor Kenenga I sebanyak tiga periode itu. [awi]

Tags: