Guru dan Siswa Kompak Tanam Pohon Mangrove Dibibir Pantai

Guru beserta siswa SMK Nuril Asror Asembagus saat menanam pohon mangrove dipantai Labuhan Merak Situbondo. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Sekitar 50 siswa dan guru SMK Nuril Asror Asembagus Situbondo bersama sejumlah petugas SPTN Wilayah II Karang Tekok, Taman Nasional Baluran, melakukan bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanam mangrove di sepanjang bibir pantai Labuhan Merak Situbondo.
Salah seorang guru SMK Nuril Asror Asembagus Situbondo, Eva Fitriya Ningsih SPd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang melibatkan para siswa dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2019-2020. “Dengan melakukan bersih bersih pantai dan penanaman pohon mangrove ini diharapkan keberadaan pantai Bilik dan pantai Sejhile Labuhan Merak Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih semakin hijau dan lestari,” ujar Eva Fitriya.
Eva Fitriya Ningsih menambahkan, kegiatan bakti sosial dilakukan selain merupakan wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan juga dalam rangka memperkenalkan SMK Nuril Asror kepada masyarakat Labuhan Merak Situbondo. Kata Eva, Labuhan Merak yang merupakan bagian dari Dusun Sidomulyo Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Situbondo, harus dijaga ekosistemnya karena sering dikunjungi para siswa dari berbagai daerah termasuk siswa dari lokal Kabupaten Situbondo. “Biasanya para siswa itu melakukan sejumlah kegiatan sosial. Misalnya penelitian, berlibur dan semacamnya di Labuhan Merak ini. Makanya kami ikut menjaga kebersihan dan kelestariannya,” papar Eva.
Disisi lain, Sophaan Arief Kepala SPTN II Karang Tekok Taman Nasional Baluran menambahkan, selama dua hari para siswa melakukan bersih bersih di bibir pantai dengan dilanjutkan menanam pohon mangrove. Sophaan juga berharap kegiatan tersebut dapat menambah pelajaran dan kepedulian terhadap keberadaan Taman Nasional Baluran bagi semua siswa. “Untuk itu kami sangat mengapresiasi keterlibatan siswa SMK Nuril Asror dalam menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan pantai labuhan Merak ini,” pungkas Sophaan Arief. [awi]

Tags: