Gubernur Dorong Bapenda Optimalkan Pundi-pundi PAD

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Wagub Jatim, Kepala Bapenda, dan Sekdaprov Jatim meresmikan musholla Al-Amanah yang berada di kompleks kantor Bapenda Jatim.

Pemprov, Bhirawa
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk memaksimalkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya dengan melakukan ekspansi dan inovasi terhadap layanan di Bapenda.
“Kita berharap akan ada proses untuk ekspansi yang bisa dimaksimalkan. Tentu pundi-pundi PAD ada di Bapenda. Dan Bapenda pada dasarnya telah melakukan sejumlah inovasi. Termasuk upaya jemput bola juga sudah dilakukan,” tutur Khofifah saat menghadiri halalbihalal di Kantor Bapenda Jatim, Kamis (13/6).
Khofifah berharap, titik-titik strategis dan potensial seyogyanya untuk dimonitor kembali supaya terkoneksi. Dengan demikian, pendapatan diharapkan dapat dimaksimalkan dan semakin besar. “Kita berharap makin sejahtera rakyat karena PAD yang semakin besar, tetesan kesejahteraan kepada rakyat kuenya juga semakin besar,” tutur Khofifah.
Kegiatan halal bihalal yang digelar di beberapa OPD di lingkup Pemprov Jatim, selain sebagai ajang bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, juga merupakan momen yang tepat untuk perkenalan sekaligus pemanasan, atau warming up implementasi Nawa Bhakti Satya di Jatim. “Ini proses warming up kami pada staf di Pemprov Jatim, InshaAllah setelah RPJMD selesai bulan depan, kami bisa melaju kencang mengimplementasikan Nawa Bhakti Satya,” tegasnya.
Bersama Wagub Jatim, Emil Dardak, Khofifah mengaku ingin bersilaturahmi sekaligus mengenalkan 9 program unggulan dalam Nawa Bhakti Satya secara langsung kepada para ASN di lingkup Pemprov Jatim. Karena itu, melalui halal bihalal ini, dirinya berkesempatan menjelaskan secara langsung program-program tersebut.
“Nawa Bhakti Satya ini kan nafas dari RPJMD, jadi harus ter-break down, para ASN harus paham jika nanti RPJMD selesai jadi Perda. Karena itu, mereka harus mengerti apa itu Jatim Sejahtera, Jatim Amanah. Inilah yang kita harap terkomunikasikan saat halal bihalal ini, kami harap kepala-kepala OPD juga bisa mengkomunikasikan lebih detail kepada stafnya” katanya.
Usai kegiatan halal bihalal, Gubernur Khofifah berkesempatan untuk meresmikan musholla Al-Amanah yang berada di kompleks kantor Bapenda Jatim. Menurut Khofifah, berdirinya masjid ini juga dapat menjadi pengingat kepada seluruh karyawan/karyawati di Bapenda Jatim, khususnya yang berdinas di kantor Bapenda Jl. Manyar agar selalu ingat beribadah.
Sementara itu, Kepala Bapenda Jatim Boedi Prijo Soeparjitno menuturkan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan serapan ialah meningkakatkan kualitas layanan untuk masyarakat dalam membayar pajak. Dia mencontohkan dengan adanya layanan membayar pajak di mini market. Khususnya untuk wajib pajak yang terdaftar di Samsat Jatim. Selain itu, Bapenda juga membuka counter pembayaran pajak di 12 mal di Surabaya. Sementara di payment point dan drive thru juga terus ditingkatkan layanannya. “Inovasi-inovasi ini kita lakukan agar masyarakat lebih seneng dan antusias untuk membayar pajak dengan kemudahan layanan yang ada,” pungkas Boedi. [tam]

Tags: