Gua Ditemukan Tak Jauh dari Situs Sekaran di Area Tol Pandaan-Malang

Penuggu gua di area Jalan Tol Pandaan-Malang warga Desa Sekarpuro, Kec Pakis, Kab Malang Gatot Sujianto, saat menunjukkan gua yang telah ditemukannya

Kab Malang, Bhirawa
Pembangunan Seksi 5 Jalan Tol Pandaan-Malang di Kilometer (KM) 37, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, tidak hanya ditemukan situs saja, namun juga ditemukan gua. Sedangkan gua yang ditemukan warga setempat dibawah jalan tol atau tidak jauh dari situs, yakni berjarak 100 meter disisi selatan situs.
Sedangkan situs yang diketemukan itu, diberi nama oleh Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim), yaitu Situs Sekaran. Namun, uintuk gua yang ditemukan itu, hingga kini belum diberi nama oleh Arkeolog BPCB. Dan penemuan gua itu telah dibenarkan Kepala Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang Suliryanto, Senin (15/4), saat berada dilokasi Situs Sekaran, desa setempat, bahwa pada beberapa hari lalu, warga telah menemukan gua yang berada disisi selatan Situs Sekaran atau dibawah pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang.
“Dari penemuan gua itu, masih dibutuhkan penelitian. Sehingga untuk masuk kedalam gua, tidak ada yang berani. Hanya dirinya dan warga hanya mengira-ngira saja, jika gua tersebut terhubung dengan Situs Sekaran. Dan untuk bisa membuktikannya, tentunya menunggu penelitian dari Arkeolog dari Yogyakarta,” paparnya.
Suliryanto menjelaskan, Situs Sekaran sudah dilakukan ekskavasi dari BPCB Jatim, hal itu merupakan tempat suci atau Pura di masa Kerajaan Majapahit. Sehingga Situs Sekaran ini, nantinya sebagai tempat wisata budaya dan sejarah. Untuk itu, dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang serius untuk melakukan upaya membangun fasilitas penunjangnya.
Selain itu, ia melanjutkan, dirinya pun juga meminta kepada Arkeolog Yogyakarta untuk segera melakukan penelitian terhadap gua yang tidak jauh dari Situs Sekaran, yang hanya berjarak 100 meter. “Jika gua tersebut sudah dilakukan penelitian, dan itu benar sebuah gua yang menuju Situs Sekaran, maka di Desa Sekarpuro akan menambah destinasi wisata budaya dan sejarah di wilayah Kabupaten Malang,” tegasnya.
Ditempat yang sama, salah satu warga Desa Sekarpuro yang saat ini sebagai penunggu gua Gatot Sujianto mengatakan, bahwa gua yang baru ditemukan dibawah pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang di KM 37 itu, kami tenggarai tembus menunju Situs Sekaran. Dan dirinya meyakini jika didalam gua itu terdapat harta karun meninggalan keluarga Kerajaan Majapahit. “Kami sempat melihat di dalam gua itu ada seekor ular besar, yang kami yakini sebagai penunggu gua, posisinya melingkar pada sebuah bokor berbentuk cekung, serta juga melihat tongkat,” ungkap dia,
Selain itu, kata dia, gua itu kemungkinan juga sebagai tempat bertapa para keluarga Kerajaan Majapahit. Dan untuk bisa membuka takbir dalam gua tersebut, yakni menunggu penelitian dari Arkeolog. Sehingga agar gua itu tidak rusak akibat pembangunan jalan tol, maka warga Desa Sekarpuro meminta kepada PT Jasa Marga untuk mempertahankan agar gua tidak rusak. [cyn]

Tags: