Gelar Pelatihan MIPA Berbuah Penghargaan dari SEAMEO-RECSAM

Sofyan Hadi Purwanto SE, MT

Sofyan Hadi Purwanto SE, MT
Sejak dilantik menjadi Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Tenggarang Bondowoso, Sofyan Hadi Purwanto SE, MT, terus melakukan pembenahan internal dan eksternal. Satu diantaranya adalah sukses mengadakan pelatihan bagi guru MIPA yang ada di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso dengan menghadirkan pembicara yang juga pakar pendidikan dari Penang Malaysia.
Atas kontribusi positif ini, Sofyan Hadi Purwanto dianugerahi penghargaan langsung oleh Direktur utama SEAMEO-RECSAM (South East Asian Minister of Education Organisation-Regional Centre for Education Science and Matematics), Dr Suhaidah Tahir.
Kata Sofyan, sejak ia resmi menempati pucuk pimpinan di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso, memiliki komitmen untuk terus mengukir prestasi akademik maupun non akademik. Satu diantaranya Sofyan juga aktif dalam wadah MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah) SMAN Kabupaten Bondowoso dan mendorong tenaga pendidik untuk aktif dalam mengikuti workshop pembelajaran MIPA, Senin (14/5). “Satu diantaranya kami mengadakan pelatihan dengan mendatangkan pakar pendidikan dari Malaysia,” kupas mantan Kasek SMKN 5 Jember itu.
Sofyan yang dikenal kalem itu menambahkan, dalam kegiatan pelatihan sistem pembelajaran MIPA tersebut berjalan dengan bagus karena semua guru MIPA mampu mengikuti arahan dari pembicara luar negeri Malaysia. Ada banyak sisi keuntungan dari kegiatan tersebut, satu diantaranya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik ditingkat dunia.
“Nanti dari hasil pelatihan ini para guru bisa mengikuti berbagai lomba dalam event dunia. Misalnya mengikuti lomba lomba penemuan dalam pembelajaran MIPA,” ujar pria yang berdomisili di Jember itu.
Dari kegiatan pelatihan itu, para peserta diberi sejumlah materi penting diantaranya program kemampuan dibidang MIPA dan pembelajaran dasar dasar fundamental bagi guru MIPA. Dari pelaksanaan ini, aku Sofyan, dirinya ikut berbangga hati karena mendapatkan apresiasi dari SEAMEO-RECSAM yang berpusat di Penang Malaysia.
“Wadah ini merupakan forum kerjasama bidang pendidikan yang anggotanya terdiri dari para negara negara Asia. Satu anggota diantaranya adalah Indonesia yang dikenal aktif adalam ajang yang diadakan oleh SEAMEO RECSAM ini,” pungkas Sofyan. [awi]

Tags: