Gapura Sidomulyo Lolos 10 Besar Festival Gapura Cinta Negeri Nasional

Gapura Burung Garuda di RW11 Desa Sidomulyo berhasil lolos 10 besar Festival Gapura Cinta Negeri 2019 tingkat Nasional.

Kota Batu, Bhirawa
Tiga orang tim kreatif dalam pembuatan gapura Garuda Raksasa di Desa Sidomulyo bakal dipanggil Presiden, 29-30 Agustus mendatang. Hal ini setelah Gapura Sidomulyo yang mereka buat dinyataan lolos 10 besar Festival Gapura Cinta Negeri 2019 tingkat Nasional.
Gapura milik RW 11 Desa Sidomulyo ini berhasil lolos 10 besar setelah melewati proses kurasi oleh kurator dan penilaian tim juri. Dan akhirnya, gapura berkonsep burung Garuda tersebut berhasil mengalahkan 1.793 peserta dari seluruh Indonesia.
Ketua RW 11 Desa Sidomulyo, Roni Sitiu yang menjadi korlap pembuatan gapura Garuda Raksasa 4 Dimensi mengatakan, pembuatan gapura tersebut membutuhkan waktu 14 hari. Dan yang menjadi unggulan, Gapura Garuda Raksasa 4 dimensi ini mengambil bahan baku limbah daur ulang.
Mereka menggunakan bahan baku dari kayu, ranting hingga daun bekas yang ada di Desa. Padahal, biasanya bahan baku ini dibuang oleh warga ataupun dijadikan kayu bakar.
“Gapura kami garap dengan bahan daur ulang dari ranting pohon yang biasanya digunakan untuk bakar-bakar. Desa Sidomulyo mayoritas warganya bertani bunga hias sehingga tidak sulit mengumpulkan bahan,” ujar Roni, Minggu (25/8).
Untuk pembiayaan pembuatan gapura ini mencapai total Rp 5,8 juta. Adapun biaya diperoleh dari swadaya warga, mulai untuk operasional, pembelian cat, hingga konsumsi.
Pengerjaan mulai pagi hingga malam dengan dua shift. Semua itu menyesuaikan waktu dan kesibukan warga. Setiap shift membutuhkan 5-20 orang dari lima RT. “Semua warga terlibat dan gotong royong dalam mengerjakan sekaligus mengisi kemerdekaan RI. Karena kami ingin mengaplikasikan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia,” jelas Roni.
Setelah masuk 10 besar, nantinya akan diambil 3 besar. Jika bisa masuk 3 besar, tentu hal ini akan sangat membanggakan sekaligus bisa mengangkat nama Desa sekaligus Kota Batu ditingkat Nasional.
Diketahui, Festival Gapura Cinta Negeri 2019 ada dua kategori. Kategori umum yang diikuti sekitar 1400 peserta dan diambil 10 besar. Sedangkan kategori instansi atau lembaga diikuti 337 peserta.
Kemudian dalam tahap penilaian dilihat dari tema, orisinalitas ide, konsep yang terdiri dari nilai seni, estetika, dan kreativitas visual, serta kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.
Bagi pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp 1 Miliar. Dengan rincian, 10 piala dan piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang. Serta piala Presiden bergilir dan piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang.(nas)

Tags: