Gandeng Puskesmas Klakah, Unej Kembangkan Skill Agronursing

Mahasiswa Unej kampus Lumajang saat mulai mengembangkan skill Agronursing di Puskesmas Klakah Lumajang, Kamis (2/5) kemarin.

Kabupaten Jember, Bhirawa
Kembangkan skill Agronursing, Universitas Jember (Unej) Kampus Lumajang gandeng Puskesmas Klakah. Dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang dapat mengasah skill agronursing-nya dengan melakukan praktik di Puskesmas Klakah dua kali seminggu.
“Agronursing adalah penatalaksanaan manejemen pelayanan keperawatan dan asuhan keperawatan, dalam ruang lingkup pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan serta agroindustri. Dan untuk mewujudkan lulusan perawat yang memiliki skill agronursing, maka kami memutuskan menggandeng Puskesmas Klakah, Lumajang sebagai mitra tempat mahasiswa berpraktek,” jelas Nurul Hayati Kepala Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Keperawatan Unej kampus Lumajang, Kamis (2/5/2019).
Menurut Nurul Hayati, terpilihnya Puskesmas Klakah dilandasi beberapa alasan, diantaranya mayoritas warga Klakah bermata pencaharian sebagai pekebun dan petani, sehingga beresiko mengalami kecelakaan dan mengalami problema kesehatan yang masuk dalam dalam bidang agronursing. Kedua, Kecamatan Klakah dengan Puskesmas Klakah sebagai ujung tombak pelayanan kesehatannya, merupakan salah satu kecamatan dengan pelayanan kesehatan yang terbaik di Lumajang.
“Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi di bidang kesehatan yang diraih. Misalnya membina Desa Kudus sebagai Desa Bebas Buang Air Sembarangan 2013, Desa dengan Puskesmas Pembantu terbaik kedua di tahun 2013, Juara ketiga Desa dengan inovasi Posyandu tahun 2018, serta Desa Siaga terbaik tahun 2018,” ujarnya pula.
“Mahasiswa kami kirim ke Puskesmas Klakah untuk menggali informasi kesehatan yang ada ada disana, mulai dari kebiasaan hingga pekerjaan warganya. Saya minta mahasiswa untuk mengkritisi semua informasi dan data yang ada terkait masalah kesehatan. Dari sini saya harapkan mereka dapat mengembangkan skill agronursing. Kami bersama Puskesmas Klakah juga menyediakan ruang baca bagi mahasiswa, untuk memudahkan mereka dalam praktek dan menyelesaikan tugas yang dibebankan,” imbuhnya kemarin.
Kerjasama ini disambut positif oleh Puskesmas Klakah yang disampaikan oleh Munirul Anam perawat yang juga pembimbing klinik. Menurut Munirul Anam, kehadiran mahasiswa Universitas Jember Kampus Lumajang menjadi kerjasama yang saling menguntungkan. Pasalnya Puskesmas Klakah juga mendapatkan ilmu mengenai penerapan Agronursing.
“Puskesmas Klakah juga terbantu dengan kehadiran mahasiswa yang turut membantu tugas-tugas kami, contohnya seperti kegiatan Gelora Sapa (Gerakan Olahraga Sabtu Pagi) yang dipadukan dengan kegiatan rutin kami, Pos Pembinaan Terpadu,” singkat Anam. [effendi]

Tags: