Gali Potensi Ekonomi, Gelar Diploma Perbanas Competition

Beberapa siswa tampak antusias mengikuti lomba Diploma Perbanas Competition di kampus 2 Jalan Wonorejo Utara, Sabtu (20/1) kemarin. [Gegeh Bagus Setiadi]

Surabaya, Bhirawa
Himpunan Program Diploma 3 (HMD) STIE Perbanas Surabaya kembali menggelar Diploma Perbanas Competition. Sedikitnya ada 90 siswa SMA/SMK/MA sederajat dengan rincian 48 peserta lomba MYOB Competition dan 41 peserta Lomba Bank Operation Competition (BOC) di kampus 2 Wonorejo Utara. Kali ini, peserta pun lebih luas jangkauannya yakni meliputi Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sekretaris Program Diploma 3, Putri Wulanditya mengatakan, event rutin ini berbeda dari tahun sebelumnya. Di tahun ini, Himpunan Mahasiswa Program Diploma 3 lebih intens dalam merancang dan mengkonsep acara sehingga berdampak pada peserta yang lebih banyak dan lebih luas jangkauannya.
“Peserta yang ikut kali ini lebih luas dan lebih banyak dari tahun lalu, ada yang dari SMK Dwijendra Denpasar Bali datang ke sini,” katanya, Sabtu (20/1) kemarin.
Pada kesempatan ini, lanjut Putri, peserta Lomba MYOB menghadapi beberapa rangkaian tes mulai dari mengerjakan soal multiple choice hingga menyelesaikan kasus dengan software MYOB. Sedangkan untuk peserta lomba BOC, mereka juga mengerjakan soal multiple choice dan fill slip (mengisi slip).
“Dari 10 peserta terbaik dalam 2 tahapan Lomba BOC tersebut, mereka juga akan mengikuti role play sebagai customer service dan teller,” terangnya.
Menariknya di tahun ini, kata dia, peserta lomba BOC diikutkan Lomba Grooming Fashion Show atau berbusana layaknya business looking. Semua siswa peserta lomba akan berjalan layaknya model yang mengenakan busana bisnis.
Sementara, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, M.Fin., turut hadir dalam acara tersebut untuk membuka Diploma Perbanas Competition 2018. Pihaknya senantiasa mendukung beragam kegiatan mahasiswanya untuk mengembangkan diri.
Di hadapan segenap peserta lomba, Dr Lutfi berpesan bahwa yang datang ini adalah pemenang karena mereka berhasil mengalahkan rasa takut untuk berkompetisi. “Teman-teman selamat berjuang, semoga kalian diberikan kemudahan dalam menyelesaikan kompetisi ini,” pesannya.
Di waktu yang bersamaan, 18 guru/pendamping siswa ikut mendapatkan materi pelatihan tentang Excel for Accounting. Mereka memperdalam fungsi-fungsi software Microsoft Office Excel yang bisa diterapkan di sekolah dan digunakan di perusahaan.
Salah satu guru Akuntansi SMK Antartika 2 Sidoarjo, Muhammad Reza Ardian Abdullah merasa terkesan ternyata pelatihan tersebut bisa diterapkan pada kurikulum di SMK. “Untuk pelatihan ke depan kami berharap bisa ditambah lagi sehingga penggunaan software Excel maupun SAP,” ungkapnya.
Sementara, salah satu peserta lomba BOC dari SMK Bhakti Mulia Pare Kediri, Mei Syafa’atin termotivasi karena ingin mengikuti jejak kakak kelasnya yang tahun kemarin meraih Juara 3 Bank Operation Competition.
“Alasan saya ikut kompetisi ini karena kakak kelas saya dulu berhasil Juara 3 Lomba BOC. Jadi, saya ingin mengikuti jejak kakak kelas dan lebih baik lagi,” ujar dia. [geh]

Tags: