Frontage Road Sawotratap Kabupaten Sidoarjo Dipakai PK5 Berjualan

Jalan Sawotratap Sidoarjo.

Sidoarjo, Bhirawa
Karena tidak segera difungsikan, sebagian jalan frontage road (FTR) yang sudah dibangun di Desa Sawotratap Kec Gedangan, kini banyak dipakai oleh pedagang kaki lima (PK5) untuk berjualan. Baik pada siang maupun malam hari.
PK5 ini berjualan pada ruas jalan FTR yang berada dibagian selatan (dekat jalan raya Juanda), maupun FTR yang berada di bagian utara ( di depan PT Maxxel dan PT Trias Sentosa ). Sementara lahan yang berada di tengah-tengah diantara kedua bagian FTR itu, hingga saat ini masih belum dilakukan pembebasan dan pembangunan fisik jalan.
Kepala Dinas PUBM dan SDA Kab Sidoarjo, Ir Sunarti Setyaningaih, yang ditemui di Pendopo Delta Wibawa saat itu hanya mengatakan sekilas saja, kalau pembangunan fisik di wilayah itu akan dilanjut lagi tahun 2019 ini. Karena dianggap wilayah itu sudah dilakukan pembebasan tanah.
Pada tahun 2019 ini juga, menurut Naning, juga akan segera dilakukan pengukuran lahan oleh tim aprasial, untuk di wilayah Kec Gedangan sampai Kec Waru. Sementara untuk keperluan FTR di wilayah Buduran, pada tahun 2019 ini, kata Naning, baru saja membebaskan lahan lima bidang milik warga Desa Buduran.Total biaya yang dikeluarkan mencapai sebesar Rp1.4 miliar.
Ditanya akan mendahulukan pembebasan FTR yang ada di wilayah utara atau selatan ? Menurut Naning, kedua-duanya dianggap sama-sama penting. Karena agar keberadaan FTR di Kab Sidoarjo itu bisa cepat tembus dan terealisasi. Sehingga bisa ikut mengurangi kemacetan jalan di Kota Sidoarjo. Untuk itu semua pihak bisa mendukung pembangunan FTR sepanjang 9,2 km itu.
Kendala dalam pembangunan proyek FTR ini diakui cukup beragam. Misal status dan harga tanah yang dibebaskan. Misalnya ada sebagian milik pribadi, perusahaan dan TNI AL. Setelah pembebasan lahan nanti tuntas, pengerjaan proyek akan dilakukan pada 2019.
Diharapkan pada akhir tahun sudah bisa dimanfaatkan masyarakat yang saat ini memang harus bersabar ketika melewati beberapa titik kemacetan jalan menuju Sidoarjo. Yang terparah misalnya ada di Flyover Waru, Bundaran Aloha dan Perempatan Gedangan. [kus]

Tags: