Fatma Saifullah Yusuf Apresiasi Perkembangan Koperasi Citra Padma Wanita

Surabaya, Bhirawa
Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Timur Fatma Saifullah Yusuf mengapresiasi perkembangan Koperasi Citra Padma Wanita Jawa Timur yang kini telah berusia tujuh tahun dan mampu melaksanakan rapat anggota tahunan yang ke 6.
“RAT ini akan berperan penuh dalam tata kehidupan badan usaha koperasi,” kata Fatma Saifullah Yusuf saat menghadiri RAT Koperasi Citra Padwa Wanita, Rabu, 28 Maret 2019.
Koperasi Citra Padma Wanita Jawa Timur berdiri dan berbadan hukum yang sah sejak 27 September 2011 yang ditandani dengan adanya keputusan P2T/27/09.01/IX/2011.
“Diawali dengan anggota hanya 33 orang dengan simpanan pokok modal hanya Rp33 juta. Kini, koperasi ini telah memiliki 323 anggota dengan volume usaha mencapai Rp 1,6 miliar,” kata Fatma Saifullah Yusuf.
Menurut istri mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini, peningkatan jumlah anggota Citra Padma Wanita memang tidak signifikan. Tapi peningkatan yang pelan namun konsisten ini patut diapresiasi karena prinsip koperasi sejatinya adalah penerimaan anggota yang tanpa paksaan.
“Di Jatim saat ini ada 27.445 koperasi aktif dan Citra Padma Wanita adalah salah satunya,” kata dia.
Dalam kesempatan ini, Fatma Saifullah Yusuf juga berpesan agar para pengurus tidak puas begitu saja dengan penambahan jumlah anggota. Tantangan yang harus dihadapi koperasi tidaklah mudah.
“Namun jika dikelola dengan profesional dan berbasis amanah, maka koperasi tidak akan kalah dengan perusahaan berbentuk lain,” kata Fatma Saifullah Yusuf.
Penerapan teknologi berbasis digital dan media sosial yang telah diterapkan di koperasi Citra Padma Wanita misalnya, saat ini telah menjadikan pola interaksi antara pengurus dan anggota menjadi semakin mudah dan efektif.
Sebagai koordinator pengawas koperasi Citra Padma Wanita, Fatma juga berpesan agar pengurus bisa mengembangkan cakupan usaha dan tidak stagnan pada satu bisnis saja.
“Multi fungsi koperasi juga harus ditingkatkan sehingga SHU yang diperuntukan untuk pendidikan dan sosial bisa meningkat dan tepat sasaran,” kata dia.
Pengurus koperasi juga diminta untuk terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga kemajuan koperasi Citra Padma Wanita bisa lebih cepat lagi.
Pada prinsipnya, Fatma berharap koperasi ini mampu mempertahankan dan mewujudkan badan usaha yang aktif, kinerja usaha yang semakin sehat, kohesivitas dan peningkatan partisipasi anggota, serta berorientasi penuh pada pelayanan anggota dan masyarakat, serta mampu berkontribusi pada pembangunan daerah.(iib)

Tags: