Empat Destinasi Bondowoso Ditetapkan sebagai Kawasan Pariwisata Daerah

Empat Destinasi Bondowoso Ditetapkan sebagai Kawasan Pariwisata Daerah

Bondowoso, Bhirawa
Kabupaten Bondowoso menetapkan empat destinasi wisata sebagai kawasan strategis pariwisata daerah (KSPD). Penetapan tersebut termuat dalam rencana induk pembangunan pariwisata daerah (Ripparda) yang sudah mulai dibahas di dewan.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Drs Harry Patriantono MM menjelaskan, keempat distinasi yang dimaksud diantaranya adalah Ijen-Raung.
“Jadi kawasan Ijen dan pegunungan Raung, itu kita jadikan kawasan strategis pariwisata daerah. Kalau Ijen kita membreakdown dari KSPN,” katanya kemarin.
Kedua, lanjut dia, adalah destinasi di kawsan Solor Kecamatan Cermee, yang akan dikembangkan jadi KSPD juga.Sementara ketiga, kawasan Lereng Gunung Argopuro, mulai dari Maesan sampai dengan Wringin, itu juga masuk KSDP.
Sementara terakhir, jelas Harry, adalah Geopark, yang itu ada di kawasan Kecamatan Ijen. “Itu akibat letusan gunung Ijen purba sekitar 4000 tahun yang lalu, dan itu black larvanya sangat luas,” sambungnya.
Lebih jauh ia memaparkan, bahwa pihaknya sendiri sudah membahas rancangan Raperda, dengan pansus di dewan terkait Ripparda.
“Berisi tentang pedoman tentang pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, selama 15 tahun,” paparnya.
Dipilihnya keempat destinasi wisata itu, sebagai kawasan strategis pariwisata daerah Kabupaten Bondowoso, karena dinilai berpotensi untuk dikembangkan dalam waktu jangka panjang. [Har]

Tags: