EMCL dan el-Sal Bersihkan Pantai dan Tanam 3.500 Pohon Mangrove

Masyarakat Desa Karangagung, Kecamatan Palang bersama para Jurnalis dan Tim dari el-Sal serta EMCL saat menanam pohon mangrove di pesisir pantai desa setempat.

Tuban,Bhirawa
Untuk yang kesekian kalinya, bersama Ketua Yayasan el-Sal Indonesia, ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) mengadakan kegiatan sosial dijalur perlintasan pipa. Kali ini kegiatan berupa gerakan menanam pohon Mangrove dan membersihkan pantai di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, (23/4).
Kegiatan yang dimotori Yayasan el-Sal Indonesia tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Perusahaan, Kepala DLH Tuban, Forkopimcam Palang, Pemerintah Desa setempat, serta sebanyak 125 peserta.
Ahmad Shohib, Ketua Yayasan el-Sal Indonesia saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakam dalam rangka untuk menjadikan wilayah pesisir di Desa Karangagung yang hijau dan bersih dan mengurangi global warming serta memperbaiki kualitas ekosistem laut.
“Selain untuk mencegah terjadinaya abrasi di wilayah pantai Desa Karangagung, sekaligus untuk mendorong kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di pantai,” kata Ahmad Shohib.
Lebih lanjut diterangkan, pada kegiatan tanam pohon ini ada sebanyak 3.500 pohon mangrove dari EMCL yang akan ditanam di sepanjang pantai Desa Karangagung. Di samping itu, EMCL juga memberikan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah.
“Semoga ini bermanfaat dan bisa menambah pendapatan ekonomi nelayan dan masyarakat Desa Karangagung,” jelasnya.
Sementara itu, perwakilan dari EMCL, Ikhwan Arifin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat Desa Karangagung yang menjadi wilayah yang dilewati pipa minyak.
“Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat Desa Karangagung,” pungkasnya.
Sedangkan Kepala DLH Tuban Ir. Bambang Irawan dalam sambutanya menyampaikan, pemkab memebrikan apresiasi kepada pihak EMCL dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai.
“Pemkab mengapresiasi kegiatan ini, semoga bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain,” Kepala DLH Tuban Ir. Bambang Irawan. (hud)

Tags: