Dua Sekolah Jadi Pilot Project Aplikasi Keuangan

Tim Abdimas Umsida saat memantau proses pengoperasian aplikasi keuangan sekolah.

Sidoarjo, Bhirawa
SMK Nurul Huda Tulangan dan MA Unggulan Tlasih Tulangan terpilih menjadi Pilot Project Pendampingan Implementasi Akuntansi Sekolah Berbasis Web.
Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dari Universitas Muhammadiyah (Umsida) Sidoarjo Sarwenda Biduri, SE MSA dari Drs Ec. Akhmad Mulyadi MSA, CTA dari Prodi Akutansi Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) melakukan pendampingan kegiatan tersebut.
Ditemui kemarin (6/8), Sarwenda Biduri mengatakan kalau pihaknya sebelum menerapkan aplikasi tersebut terlebih dahulu melakukan observasi. Ternyata kedua sekolah itu kondisinya sangat sederhana sekali, sehingga kami menetapkan SMK Nurul Huda Tulangan dan MA Unggulan Tlasih Sidoarjo kami terapkan program aplikasi keungan, dengan nama aplikasinya ‘saku.umsida.ac.id’.
Yaitu, sebuah aplikasi akuntansi berbasis web anak dari aplikasi android Akuntansi Sekolah yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan sekolah. Aplikasi ini online dan dapat diakses dari mana saja, baik lewat komputer maupun lewat HP. “Akuntansi saku Umsida ini mudah digunakan, karena tidak perlu belajar sulit untuk mencatat transaksi keuangan. Servernya menggunakan server Umsida dan domainnya ikut domain Umsida pula, dan sudah kami terapkan mulai tanggal 29 Juli 2019 lalu,” katanya.
Jadi pada intinya, proses pencatatan akuntansi yang dilakukan kedua sekolah tersebut masih menggunakan sistem manual. “Seperti transaksi-transaksi yang sifatnya rutin dan non rutin, dengan software ini diharapkan pencatatan SPP, tabungan, ujian, her registrasi, uang gedung dan lainnya yang bersifat masih manual tersebut dapat lebih mudah. Khususnya pencatatan bagi pembayaran-pembayaran yang menunggak,” terangnya.
Sementara itu Bendahara SMK Nurul Huda Tulangan, Ely Mulyati S.Pd mengaku senang dan antusias memanfaatkan aplikasi tersebut. Selain mudah di aplikasinya juga tidak berbayar. “Banyak kemudahan dalam pencatatan, penjurnalan sampai dengan penyusunan laporan keuangan sekolah,” ungkap Ely Mulyati.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bendahara MA Unggulan Tulangan Sidoarjo, Trisnawati. Ia mengaku senang dan sangat mengapreasi atas program aplikasi yang diberikan Abdimas Umsida secara gratis ini. Sehingga pekerjaan kami labih lancar.
“Jadi pekerjaan kami bisa lebih mudah, dan lebih cepat serta mudah terkontrol,” ungkap Trisnawati. [ach]

Tags: