DPW PAN Jatim Dorong Kader Maju di Pilkada Sumenep

Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk.

Sumenep, Bhirawa
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jawa Timur mulai menyiapkan kadernya untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah daerah, salah satunya di Pilkada Sumenep yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang.
Ketua DPW PAN Jawa Timur, Masfuk mengatakan saat ini partai berlambang matahari bersinar itu telah menyiapkan kadernya untuk ikut bertarung di Pilkada Sumenep tahun 2020.
Ada sejumlah nama kader yang disebut mampu dan berpotensi diusung di Pilkada Sumenep nanti. Salah satunya Ketua Barisan Muda PAN Sumenep, Khairul Anwar, Sekretaris PAN Sumenep, Husaini Adim, dan Wakil Ketua DPRD Sumenep, Faisal Muhlis.
“Pilkada Sumenep sudah di depan mata. Kami di PAN akan menyiapkan kader sendiri untuk maju,” kata Masfuk saat menghadiri Musyawarah Daerah V BM PAN Sumenep, Minggu (20/10).
Di legislatif PAN memiliki 7 kursi. Artinya, PAN belum bisa mengusung kandidat calon kepala daerah sendiri. Tapi harus berkoalisi dengan partai politik lainnya. Kedati demikian, Masfuk mengaku, DPW PAN Jatim mempersilahkan DPD PAN Sumenep untuk terus berkomunikasi dengan parpol lain agar dapat mengusung pasangan calon.
“Entah kader kami yang di calon Bupati atau wakilnya, nanti tergantung kesepakatan pada koalisi nanti. Yang jelas kamu sudah menyiapkan kader sendiri untuk maju di Pilkada Sumenep,” ucapnya.
Lebih lanjut ia menegaskan, di PAN ada mekanisme dalam penjaringan kandidat calon. Dipastikan, tahapan penjaringan kandidat itu akan mengikuti aturan main yang ada di partai.
Salah satunya, partai akan melakukan survey terhadap kader-kader yang akan maju pada pilkada tersebut. Selain itu, kandidat juga akan mendapatkan rekomendasi dari daerah untuk diajukan ke DPP. “Kemudian DPP yang akan menentukan kader itu yang akan maju. Tentunya juga harus ada pasangan calonnya,” tukasnya. [sul]

Tags: