DPRD Kota Probolinggo Segera Pilih Pimpinan Definitif

Fernanda Zulkarnain menerima surat tugas di kantor DPD Partai Golkar Jatim.

(Golkar Pilih Fernanda Zulkarnain)

Kota Probolinggo, Bhirawa.
Pimpinan DPRD Kota Probolinggo definitif segera disahkan. Sebab, PDIP yang dipastikan menduduki jabatan wakil ketua sudah menyerahkan surat tugas ke sekwan. Sedang Partai Golkar belum, namun surat tugas dari DPP sudah ada di tangan DPC Kota setempat. Sedangkan di kabupaten Probolinggo masihlah samar-samar.
Ketua DPC PDIP, Ahmad Haris Nasution, Rabu 11/9 menyebut, surat tugas dari DPP PDIP sudah diterima Jumat sore kemarin dan sudah diserahkan ke Sekretaris Dewan (Sekwan). Dari 3 nama yang diajukan, Nasutionlah yang mendapat tugas dari DPP sebagai wakil pimpinan DPRD. “Sudah kami serahkan suratnya ke Sekwan,” katanya.
Ketua DPD Partai Golkar Kota Probolinggo, Audi Firmana membenarkan, kalau surat tugas dari DPP sudah ada di tangannya. Namun, surat tugas yang diberikan ke Fernanda Zulkarnain untuk menduduki wakil pimpinan DPRD.
Surat tersebut diterima Fernanda bersama dirinya di kantor DPD Jawa Timur, Surabaya, Minggu malam. Tak hanya dirinya, Audi menerima surat tugas dari DPD Jawa Timur bersama kota atau kabupaten lain se Jawa Timur, yang sama-sama menduduki pimpinan dewan.
Ditanya, mengapa Fernanda Zulkarnain yang dipilih menjadi wakil pimpinan DPRD. Sedang yang diajukan ke DPP ada tiga nama yakni, Mukhlas Kurniawan, Farina Churun Inin dan Fernanda Zulkarnain? Audi menjawab tidak tahu, karena hasil putusan DPP, ujarnya.
Kabupaten Probolinggo yang masih belum melengkapi nama calon pimpinan. Di Kabupaten Probolinggo, ada empat partai politik yang berhak mendapat jatah untuk pimpinan. Di antaranya Nasdem untuk menjadi ketua DPRD, PKB, Gerindra dan Golkar yang berhak menempati sebagai wakil ketua DPRD. Nah, setelah 10 hari usai pelantikan, sampai Rabu 11/9 dua parpol masih belum membocorkan siapa nama politisi yang akan dijadikan pimpinan.
Dua parpol itu adalah Nasdem dan Golkar. Sedangkan untuk Gerindra sudah menyetorkan nama Jon Junaedi, serta PKB yang menunjuk Lukman Hakim. Jon Junaedi dan Lukman Hakim, bahkan sudah lama ditunjuk menjadi wakil ketua.
Hasan Aminuddin. Pengurus yang menjadi ketua DPP Nasdem Bidang Agama dan Masyarakat Adat mengatakan, nama yang direkom menjadi ketua dewan periode 2019-2024, belum saatnya untuk diumumkan. “Belum saatnya diumumkan,” ujarnya.
Ketua DPC Golkar Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jatikusuma mengatakan, hingga kemarin itu untuk rekomendasi nama yang akan duduk di wakil ketua dewan, belum juga turun. Pihaknya sendiri, sudah mengajukan empat nama kepada pihak DPP.
“Belum turun. Kalau seperti Pasuruan dan Kota Probolinggo, sudah turun karena pelantikannya duluan. Nah, di Kabupaten Probolinggo kan pelantikannya akhir agustus,” tuturnya.
Menurutnya, rekomendasi tersebut akan turun pada minggu-minggu ini. Namun, ia sendiri tidak bisa memastikan kapan harinya. “Minggu ini turun. Untuk harinya kami tidak bisa memastikan,” ungkapnya.
Slamet Riadi, Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Probolinggo mengatakan, saat ini pihaknya mempersiapkan pimpinan definitif. Sementara ini, yang telah menyetorkan rekom adalah Nasdem, PKB, dan juga Gerindra. “Sudah tiga partai menyetorkan rekom. Tinggal Golkar,” jelasnya.
Saat ditanya siapa nama rekom dari Nasdem menurutnya, lebih baik menunggu diumumkan. Tetapi, ia memastikan bahwa Nasdem telah menyetorkan rekom. “Tunggu diumumkan,” ujarnya singkat.
Slamet menjelaskan, untuk Golkar, pihaknya menunggu hingga tanggal 14 September mendatang. Jika Golkar tak menyetorkan rekomendasi nama pimpinan, maka akan ditinggal membahas rancangan tatib. “Batas waktunya sampai tanggal 14 September. Jika tidak ada rekom turun, maka akan kami tinggalkan bahas rancangan tatib,” tambahnya.(Wap)

Tags: