DPP PDIP Restui Sri Untari Maju Pilbup Malang

Sri Untari

Surabaya, Bhirawa
Nama Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari sempat muncul sebagai kandidat bakal calon Bupati Malang, setelah Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto siap mendukungnya.
Pernyataan Hasto itu disampaikan disela kunjungannya ke Kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Jumat 18 Oktober 2019. Secara pribadi ia mendorong Untari maju di Pilbup Malang 2020.
“Kami sudah dorong untuk maju Bupati Malang. Tapi ya dorong. Yang menentukan kan ibu ketua umum (Megawati Soekarnoputri),” ujar Hasto.
Dikonfirmasi terpisah, Untari mengaku siap menjalankan instruksi partai. Hanya ia belum mau secara gamblang kepastian turun atau tidak di Pilbup Malang tahun depan.
Anggota DPRD Jatim itu mengaku ingin mempertimbangkannya terlebih dahulu secara matang. Januari, saat ulang tahun partai baru akan diputuskan sikapnya di Pilbup Malang 2020.
“Insha Allah nanti saya istikhoroh dulu. Berdoa dan memohon jalan kepada Allah. Kalau memang jalan saya ada di sana, Insha Allah perintah pak sekjen (Hasto) dan pak ketua DPD (Kusnadi), Insha Allah pada saat PDI Perjuangan berultah Januari nanti saya akan menentukan,” kata Untari, Minggu 20 Oktober 2019.
Untari yang di Pileg berasal dari Dapil Malang Raya itu menyebut, banyak pihak yang ingin kader partai berlambang kepala banteng itu memenangkan Pilkada Kabupaten Malang.
Dorongan maju, disampaikan Untari bukan hanya sekali ini. Pilkada Batu dan Kota Malang 2018 lalu, ia sempat didorong maju. Namun ketika itu bersamaan dengan Pilgub Jawa Timur. Dirinya ingin fokus memenangkan calon yang diusung partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.
Tahun 2020, pesta Pilkada tidak lagi melibatkan DPD. Tugas utama ada di DPC, pengurus provinsi hanya melakukan monitoring menyiapkan kemenangan. Artinya kalaupun Untari turun di Pilbup, tidak ada masalah.
“Ya selaku kader partai nanti keputusan ibu ketua umum apa itu akan dilakukan. Tapi yang jelas bagaimana mesin partai bergerak. Kapanpun digerakkan itu yang utama,” tuturnya. [geh]

Tags: