Dosen STIE Malangkucecwara Teripilih Jadi Wakil Bupati Malang

Wabup Malang Terpilih Mohamad Soedarman (kiri) bersama Cawabup Malang Abdul Rosyid Assadullah (kanan), usai pemilihan Cawabup Malang, di ruang sidang DPRD Kab Malang, Jalan Panji, Kec Kepanjen, kabupaten setempat

Kabupaten Malang, Bhirawa
Anggota DPRD Kabupaten Malang, pada Rabu (9/10), telah menggelar Rapat  Paripurna dalam agenda pemungutan suara Calon Wakil Bupati (Cawabup) Malang, perhitungan suara, dan penetapan hasil pemilihan cawabup sisa masa jabatan 2016-2021.
Sedangkan Rapat Paripurna tersebut, untuk mengisi kekosongan Wabup Malang yang telah ditinggalkan HM Sanusi, yang kini menjabat Bupati Malang sisa masa jabatan 2016-2021. Dan Sanusi sendiri mengisi kekosongan Bupati Malang, yang sebelunya dijabat H Rendra Kresna, karena tersangkut masalah hukum.
Dan dari Rapat Paripurna yang digelar Anggota DPRD Kabupaten Malang terkait pemungutan suara Cawabup, maka dari dua nama Cawabup yakni Abdul Rosyid Assadullah dan Mohamad Soedarman, hasil suara terbanyak adalah Mohamad Soedarman dengan memperoleh 44 suara, sedangkan Abdul Rosyid Assadullah mendapatkan 5 suara, dari 50 orang anggota dewan yang memiliki hak suara, satu suara dinyatakan tidak sah oleh panitia.
Demikian yang disampaikan, Ketua DPRD Kabupaten Malang H Didik Gatot Subroto, Rabu (9/10), usai menggelar Rapat Paripurna, di ruang sidang DPRD kabupaten setempat. Menurutnya, dengan Mohamad Soedarman memperoleh suara terbanyak, maka pihaknya segera mengajukan ke Gubernur Jawa Timur (Jatim), agar nantinya diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), guna untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK), yang selanjutnya dilantik sebagai Wakil Bupati Malang masa sisa jabatan 2016-2021.
“Kami berharap Wabup Malang terpilih agar melakukan komunikasi yang baik kepada Bupati Malang. Dan Wabup terpilih harus bersinergi dan pembagian tugas yang jelas. Sehingga antara wabup dan bupati ada tugas pokok (tupoksi) dalam menyelenggarakan pemerintahan,” tegasnya.
Karena, lanjut Didik, ada beberapa kegiatan baik itu fisik maupun pengawasan non fisik yang memang saat ini perlu mendapatkan sebuah perhatian khusus, karena di Kabupaten Malang terdapat 378 desa dan 12 kelurahan yang tersebar di 33 kecamatan. Sehinggan hal itu perlu sebuah kerja bareng yang baik dan ditata dengan dilakukan bersama-sama.
Saat Ketua Dewan ditanya wartawan, apakah kursi Wabup Malang ini hanya sebuah dagelan politik. Hal ini langsung dibantah oleh Didik, bahwa pengisian kekosongan kursi Wabup Malang tidak ada dagelan politik. “Kami sudah sepakat secara keseluruhan, karena ini sudah melalui tata aturan, dan setelah Bupati Malang difinitif dilantik, karena tenggang waktu 18 bulan masa jabatan bupati, maka bupati berkewajiban mengusulkan dua calon nama Cabup Malang kepada Gubernur,” terang dia.
Ditempat yang sama, Wabup Malang Terpilih Mohamad Soedarman mengatakan, sambil menunggu pelantikan, dirinya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu masalah apa yang saya lakukan, yang penting dengan visi misi yang pernah saya sampaikan saat Rapat Paripurna pembacaan visi misi Cabup Malang, pada Selasa (8/10) kemarin. Sedangkan visi misi yang sampaikan ada lima visi utama yang harus saya selesaikan selama 18 bulan mendatang. “Tapi sekali lagi nanti detail-detailnya dirinya harus menunggu hasil koordinasi dengan bapak bupati, karena bagaimanapun juga dirinya berposisi membantu bapak bupati,” ujarnya.
Sesuai visi misi yang telah sampaikan kepada para Anggota DPRD Kabupaten Malang, masih dia katakan, seperti dirinya menginginkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan industri pariwisata, bagimana kita memperdayakan generasi milenial, meningkatkan pelayanan publik, dan kemudian tata kelola pemerintah.
Perlu diketahui, Wabup Malang Terpilih Mohamad Soedarman merupakan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang. Sedangkan dia mencalonkan Cabup Malang melalui gerbong Partai Nasdem, karena sebelumnya Partai Nasdem merupakan partai pengusung pasangan Bupati Malang H Rendra Kresna-HM Sanusi, di Pemilihan Bupati (Pilbub) Malang 2015. [cyn]

Tags: