DLH Jatim Lakukan Gerakan Bersih Sungai di Kali Tengah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur menggelar Gerakan Bersih Sungai untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai, Minggu (25/11). [rachmad caesar/bhirawa]

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan gerakan bersih sungai Kali Tengah dan Muara Kali Surabaya. Gerakan itu buah bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta dan Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik dan aparat kecamatan, desa dan perusahaan di Kali Tengah.
Kepala DLH Jatim Diah Susilowati mengatakan kalau gerakan itu dengan tujuan mendorong kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Diakuinya, memang daerah perbatasan sungainya sering menjadi tempat pembuangan sampah.
Menilik hal itu, rencananya DLH Jatim akan melakukan secara rutin gerakan aksi untuk lingkungan bersama masyarakat, termasuk rencana revitalisasi IPAL Waste. Dan juga water garden Kali Tengah karena tidak berfungsi sehingga penuh lumpur dan sampah.
“Dalam pelaksanaan gerakan aksi ini, kami juga mengikutsertakan 25 perusahaan di sekitar avur Kali Tengah agar ikut partisipasi menjaga kebersihan avur Kali Tengah,” katanya, Minggu (25/11).
Dikatakannya, pemerintah daerah akan menyediakan TPST bagi warga karena selama ini fasilitas penyediaan tempat sampah memang masih kurang. Dalam pembersihan Kali Tengah kali ini, terbukti memang penuh sampah dan tanaman gulma yang tentunya akan menganggu fungsi aliran sungai, dan berdampak dapat menyebabkan banjir.
Sedangkan Imam Rochani dari LSM Konsorsium Lingkungan Hidup mengatakan, Gerakan Bersih Sungai harus dilakukan bersama-sama antara masyarakat dan instansi pemerintah. Terkait strategi penyadaran masyarakat yang masih suka membuang sampah ke sungai, Imam mengaku akan melakukan pendekatan ke RT/RW setempat melalui tokoh agama sebagai panutan masyarakat.
“Yang penting tidak sekadar menjadi slogan saja, tetapi turun ke lapangan menyadarkan masyarakat bahwa membuang sampah ke sungai akan menjadi masalah dan sampah harus dikelola agar menjadi berkah,” tandasnya. [rac]

Tags: